Mhasiswa UNY pencipta Mobaya
Mahasiswa UNY pencipta ‘Mobaya’.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Kepemimpinan merupakan perilaku untuk mempengaruhi aktivitas para anggota kelompok dalam mencapai tujuan bersama yang dirancang untuk memberikan manfaat individu dan organisasi. Dengan demikian, dalam satu organisasi kepemimpinan merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan pencapaian tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.

 

“Dalam masa kecil, anak-anak memiliki tugas untuk mulai mengenal diri dan membentuk karakter pribadi mereka. Untuk itu, tepatlah jika orangtua mulai mengembangkan keterampilan kepemimpinan kepada anak-anak agar kelak mereka dapat menjadi pemimpin masyarakat dan bangsa dimasa depan,” ucap Penny Purwaningsih dari Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (Prodi PAUD) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Selasa, 17 Maret 2020.

 

Berkaitan hal itu, ia bersama rekan se kampus, Arifah Nurul Fadilah (PAUD)  serta Evania Dian Widyastuti (Prodi Teknologi Pendidikan), membuat membuat media pembelajaran bermuatan pendidikan karakter kepemimpinan untuk anak usia dini yang dinamai ‘Monopoli dan boneka wayang (Mobaya)’. Menurut Penny Purwaningsih, alat permainan Mobaya bertujuan untuk mengenalkan sikap kepahlawan pada berbagai tokoh untuk anak usia 5-6 tahun.

 

“Banyak cara penanaman jiwa kepemimpinan pada peserta didik di usia dini, salah satunya dengan mengenalkan mereka kepada tokoh-tokoh pemimpin baik Indonesia maupun dunia. Pengenalan terhadap tokoh-tokoh tersebut secara alam bawah sadar dapat memunculkan rolemodel, seperti apa yang akan dijadikan panutan anak itu dalam menjadi seorang pemimpin,” paparnya.

 

Dikatakan, anak usia dini merupakan individu yang sedang ada pada masa potensial. Pada masa ini seluruh potensi pertumbuhan dan perkembangan yang dimiliki anak yang terdiri dari potensi perkembangan fisik-motorik, kognitif, bahasa, moral dan sosial-emosional melaju dengan pesat dan akan sangat berpengaruh pada kehidupan selanjutnya. Media ini dilengkapi dengan boneka wayang dari berbagai tokoh yang mudha dimainkan.  (*)

 

‘Mobaya’, Media Pembelajaran Pendidikan Karakter  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *