Seporsi soto tauco.
Seporsi soto tauco.

SAJIAN berkuah memang cukup beragam, dari bakso, sop, mie ayam sampai hidangan soto. Menu terakhir yang disebut ini saja beragam jenisnya, dibedakan dari isian maupun asal muasal hidangan tersebut lahir. Salah satu soto legendaris di Tanah Air, dengan citarasa segar dan gurih adalah soto tauco khas Tegal. Hidangan berkuah hangat nan menyegarkan ini memang sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang, termasuk saat musim hujan yang dingin.

 

Seperti soto tauco khas Tegal lainnya, sajian berkuah ini memang memiliki kuah pekat berwarna cokelat.  Untuk isian biasanya berupa bihun atau soun, daging sapi atau ayam, serta ada irisan daun bawang. Jadi seporsi soto tauto sendiri berisi bihun, tauge dan potongan kol dicampur di dalam mangkuk. Sesuai namanya, ciri khas soto ini adalah campuran sambal tauco yang membuat cita rasanya semakin unik, yakni perpaduan gurih, manis, pedas, dan sedikit asam.

 

Tertarik membuat soto tauco khas Tegal untuk menu makan siang Anda?  Cara membuatnya pun juga tidak sulit. Untuk bahan terdiri daging ayam, daun salam, serai, air, garam, lada putih halus, gula pasir. Bumbu halus ada bawang merah, bawang putih,  kemiri, minyak untuk menumis. Bahan pelengkap sohun (rendam air panas), tauge/rendam air panas, daun bawang, seledri, bawang goreng, sambal cabai rawit, kecap secukupnya.

 

Cara membuat dimulai dengan merebus daging ayam hingga empuk. Kemudian angkat dan goreng hingga permukaan daging ayam berubah kecokelatan. Suwir daging ayam untuk pelengkap soto. Tumis bumbu halus, serai, dan daun salam dengan sedikit minyak hingga harum.  Masukkan bumbu halus yang telah ditumis ke dalam kaldu ayam kemudian rebus kembali hingga mendidih. Tambahkan garam, gula, dan lada putih secukupnya sebagai perasa kuah soto.

 

Selanjutnya rebus cabai merah dan buang bijinya, haluskan dengan blender.  Tumis cabai merah halus bersama bawang merah dan bawang putih hingga harum.  Masukkan tauco dan cabai rawit utuh ke dalam tumisan, lalu tambahkan sedikit air agar tauco tak mudah gosong. Tambahkan garam dan gula lalu tumis kembali hingga tauco matang.  Susun pelengkap soto dan suwiran daging ayam di dalam mangkuk, sajikan bersama sambal tauco dan kuah soto hangat.  (*)

 

Segar Gurih Soto Tauco Khas Tegal  
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *