Sri Muslimatun saat baksos
Sri Muslimatun saat baksos KB.

Siarpedia.com, Sleman – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman menggiatkan bakti sosial (baksos) berupa pelayanan Keluarga Berencana (KB) Metode KB Jangka Panjang (MKJP) gratis di RS Bhayangkara Yogyakarta.  Acara tersebut diselenggarakan oleh Pemkab Sleman dalam rangkaian untuk memperingati Hari Jadi ke 104 Sleman, Selasa (10/3/2020).

 

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Sleman Sri Muslimatun juga berkesempatan melakukan tindakan pemasangan IUD dan KB Implan kepada salah satu akseptor yang mengikuti baksos. Dalam kesempatan tersebut pula, Wabup juga menyerahkan bantuan IUD kit kepada RS Bhayangkara Yogyakarya.

 

“Penyelenggaraan baksos KB tersebut dapat terwujudnya Normal Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera (NKKBS). Sehingga dua anak cukup, laki-laki perempuan sama saja. Kegiatan bakti sosial ini menjadi salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Sleman untuk meningkatkan pencapaian kesertaan akseptor KB MKJP,” harapnya.

 

Sedangkan Ika Listiarini, Kordinator Lapangan Bakti Sosial tersebut mengatakan dalam baksos tersebut RS Bhayangkara Yogyakarta melayani jenis MKJP, yaitu pemasangan Intra Uterine Device (IUD), pemasangan KB Implan,Kontap pria atau metode sterilisasi pada pria yang dikenal dengan Metode Operasi Pria (MOP) atau vasektomi. “Hari pertama IUD dan KB Implan, kemudian di hari kedua pemasangan metode operatif pria dan wanita,” katanya.

 

Baksos yang diselenggarakan selama 2 hari tersebut diberikan secara gratis. Peserta IUD dan Implan 70 akseptor dan 10 untuk pemasangan metode operatif pria dan wanita. Ika mengatakan partisipasi masyarakat mengikuti KB tahun ini ia akui mengalami kenaikan dibanding tahun sebelumnya.  (*)

 

Pemkab Sleman Gelar Baksos Pelayanan KB  
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *