kartu indonesia pintar
Salah satu pemegang kartu indonesia pintar sedang menunjukan kartunya.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2020 memasuki tahap analisis data  pendaftar.  Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tercatat ada 493.750 siswa yang mendaftar SNMPTN, namun ada juga yang belum finalisasi sejumlah 6.420 siswa. Hingga penutupan SNMPTN pada 27 Februari 2020, tercatat 487.281 siswa sudah finalisasi hingga mencetak kartu.

 

“Meski begitu, bagi siswa atau calon mahasiswa yang ingin atau sedang mengajukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah masih ada kesempatan finalisasi hingga 31 Maret 2020 untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan, termasuk pengisian program studi (Prodi) dan kampus tujuan,” ungkap Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Prof Dr Sutrisna Wibawa MPd, Selasa, 3 Maret 2020.

 

Sedangkan bagi pendaftar KIP Kuliah yang sudah mantap dengan pilihan Prodi dan kampusnya dihimbau agar segera menyelesaikan seluruh tahapan pendaftaran SNMPTN, sampai finalisasi berupa mencetak kartu tanda pendaftaran. Finalisasi pendaftaran sangatlah penting agar tidak terlempar dari perebutan kursi PTN melalui jalur SNMPTN ini. Apalagi, persaingan SNMPTN semakin ketat.

 

Salah satu kampus di DIY yang membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) melalui jalur SNMPTN adalah UNY. Sebagai lembaga pendidikan tinggi negeri (PTN), kampus UNY menyediakan beragam program studi (Prodi) pilihan menarik yang ditawarkan oleh fakultas-fakultas yang mengelola prodi tersebut. Dari bidang sains, social humaniora sampai Prodi berbasis ketrampilan atau vokasional.

 

Sedangkan Kepala SMA Negeri 1 Sedayu Subarino PhD menyatakan, sekolahnya tidak mengalami kendala berarti berkaitan seleksi masuk PTN, seperti proses SNMPTN yang saat ini sedang berlangsung. Menurutnya, pihak sekolah sudah menfasilitasi semua kebutuhan peserta didiknya yang hendak melanjutkan studinya ke jenjang lebih tinggi, termasuk bagi siswa yang hendak mendaftar melalui jalur SNMPTN tersebut. (*)

 

SNMPTN, Masih Terbuka Daftar KIP Kuliah  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *