Ilustrasi coronavirus
Ilustrasi coronavirus.

PUSING sekarang kalau mau cari sparepart (onderdil) bahan buat reparasi mas. Keluh seorang teknisi servis peralatan elektronik saat berbincang di sebuah warung kopi. Pria yang sehari-hari menjadi juru servis perbaikan perlengkapan elektronik, dari kipas angin, mesin cuci, kulkas, magic com, sampai pendingin ruangan atau air conditioner (AC) ini beberapa hari ini berkeliling ke sejumlah toko di penjuru kota, tujuaannya tidak lain berburu onderdil.

 

Ya, onderdil bagi juru servis adalah kebutuhan penting. Namun, setelah berkeliling dan bertanya ke sejumlah toko, lagi-lagi harus gigit jari karena barang yang dicarinya tidak bisa didapat.  Mungkin karena produsennya tidak bisa mengirim. Sahut pengunjung lain di warung kopi itu. Maklum, selama ini China menjadi salah satu produsen perlengkapan elektronik terbesar di dunia. Masyarakat Indonesia pun sudah biasa dengan produk pabrikan dari Tirai Bambu itu.

 

Susahnya mencari bahan buat servis dikeluhkan juru servis sejak China, utamanya di Wuhan dilanda Coronavirus. Kabar terkini pemerintahan Arab Saudi menyatakan kunjungan jamaah umroh sementara distop dengan alasan antisipasi penyebaran virus itu di negaranya. Jamaah dari berbagai negara yang jauh-jauh hari sudah siap beribadah ke Tanah Suci pun kecewa, termasuk dari Indonesia. Roda ekonomi pun terimbas, padahal putaran uang itu tidak sedikit.

 

Lebih mengejutkan sejumlah gelaran olahraga internasional juga ikut distop. Virus corona memang sedang menjadi momok dunia, tak terkecuali Indonesia. Presiden Joko Widodo juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga kualitas hidup sehat agar terhindar dari dari serangan penyakit imbas virus tersebut. Masyarakat tidak perlu terlalu khawatir, Kementerian Kesehatan (Kemnkes) mengungkap pemerintah siap menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19.

 

Bagaimana mencegah virus Corona ? Melansir dari situs Kemenkes, masyarakat dihimbau rajin mencuci tangan. Tambahan info dari WHO dapat pula disterilkan dengan air berbasis alkohol. Menggunakan masker ketika flu, batuk, dan pilek. Mengonsumsi gizi seimbang. Berhati-hatilah kontak dengan hewan. Berolahraga dan istirahat cukup. Hindari konsumsi daging tidak dimasak. Apabila menderita batuk, pilek, dan sesak nafas, segeralah menuju fasilitas kesehatan.  (*)

 

Baca juga topik ini di sorotan berjudul ‘Mengenal Virus Corona’

Dunia Terdampak Coronavirus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *