Tanaman Obat Keluarga Perlu Dioptimalkan  

HumanioraEDU NewsLINE
jahe
Jahe salah satu komoditas tanaman toga potensial.

Siarpedia.com, Kulonprogo – Tanaman obat keluarga (TOGA) merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat, serta dimanfaatkan sebagai pemenuhan kebutuhan obat-obatan herbal keluarga. Tanaman obat keluarga memiliki berbagai jenis tanaman obat yang banyak manfaatnya. Di Dusun Sibolong Girimulyo, tanaman toga tersebut tersebar melimpah akan tetapi jarang dimanfaatkan.

 

Oleh karena itu, Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) 044 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang diampu oleh Iswanto ST MEng menggelar penyuluhan pemanfaatan toga sebagai obat herbal bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) setempat di Masjid Al-Hidayah Dusun Sibolong Girimulyo. Penyuluhan ini disampaikan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Girimulyo II dan sejumlah 34 masyarakat Dusun Sibolong hadir selama acara berlangsung.

 

Ketua KKN 044 UMY Pasha mengatakan, diadakanya penyuluhan tanaman obat keluarga bermula dari masyarakat Sibolong yang mengetahui di tempatnya tersebar banyak tanaman toga. Akan tetapi belum ada pemanfaatan dari masyarakat. Beberapa tanaman obat yang tersedia, antara lain adalah kunyit, temulawak, jahe, lengkuas, lempuyang (emprit, gajah, wangi) kencur, kapulaga, temu kunci, temu putih, temu ireng, pegagan, sambiloto, cabe jawa, dan kumis kucing.

 

“Maka kami mengumpulkan tanaman itu agar masyarakat dapat memanfaatkan secara maksimal. Itu kenapa kami mengambil tema tanaman obat keluarga atau toga agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat,” katanya, Senin, 2 Maret 2020. Menurutya, output dari program ini bersama ibu- ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) adalah babat alas lahan untuk bisa ditanami beberapa jenis tanaman obat.

 

Dikatakan, adanya lahan ini selain memanfaatkan toga menjadi obat juga mampu memanfaatkan dan menjualnya untuk menambah penghasilan masyarakat Dusun Sibolong melalui KWT Risqi Makmur. Untuk aktifitasnya, setiap hari Selasa dan Jumat KWT memiliki program pembuatan taman obat keluarga dari tanaman-tanaman yang ada dikumpulkan di lahan lalu dibuat taman sebagus mungkin. Dan lahan tersebut  berlokasi tepat di sebelah gunung Lanang. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *