Pusat layanan pustaka
Pusat layanan pustaka di Grahatama Pustaka.

YOGYAKARTA dikenal sebagai kota pendidikan, wisata, dan budaya. Berbagai tempat wisata menarik dari wisata alam dan budaya sangat mudah dijumpai di kota ini. Khusus untuk wisata bidang pendidikan pun tidak kalah eloknya, karena berbagai kampus negeri maupun swasta berdiri di kota ini, sehingga banyak menjadi rujukan anak-anak dari berbagai penjuru nusantara untuk melanjutkan studinya di Yogyakarta.

 

Pemerintah daerah setempat juga memandang pendidikan sebagai investasi menjanjikan, sehingga pembenahan sarana penunjang pendidikan pun digagas. Berdirinya perguruan tinggi menjadi aset bagi negeri ini. Generasi muda juga memerlukan asupan gizi ilmu memadai, sehingga perpustakaan pun dihadirkan secara memadai. Ini dibuktikan dengan dibangunnya Grhatama Pustaka yang merupakan perpustakaan modern terbesar di Asia Tenggara.

 

Sebagai perpustakaan yang terbesar di Asia Tenggara, Grhatama Pustaka dibangun di atas lahan seluas 2.5 hektar di daerah Banguntapan, Bantul yang langsung berbatasan dengan kotamadya Yogyakarta. Perpustakaan ini mempunyai bentuk bangunan unik yang didasarkan pada filosofi bangunan Jawa, namun dengan tambahan arsitekur modern. Dari kejauahan tampak 4 minaret atau menara yang menjulang tinggi di atas bangunan utama perustakaan.

 

Grahatama Pustaka tampak depan
Grahatama Pustaka tampak depan.

Ternyata 4 minaret ini didasarkan pada filosofi manusia sempurna Jawa, yaitu diantaranya Prakoso, Wulung, Wangi, dan Agung. Filosofi Jawa yang diambil pada arsitektur perpustakaan ini sangat tepat untuk menggambarkan agar sarana perpustakaan ini sebagai tempat untuk menambah ilmu dan pengetahuan, sehingga menjadi manusia lebih unggul. Untuk disekitar bangunan utama bisa dijumpai taman dengan rumput hijau disertai beberapa Gazebo.

 

Gedung perpustakaan diresmikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, serta diberi nama Grhatama Pustaka, artinya adalah tempat menyimpan pustaka. Hal ini lantaran perpustakaan ini menyimpan ribuan buku baru maupun langka yang sudah tidak dicetak lagi. Selain itu tidak hanya terbatas buku saja, namun Anda akan menjumpai versi bacaan digital sehingga bisa diakses di semua perangkat digital.

 

Koleksi Grhatama Pustaka
Koleksi Grhatama Pustaka.

Menilik ke dalam bagian Grhatama Pustaka ini mempunyai berbagai macam ruangan yang peruntukannya berbeda-beda.  Dari ruangan koleksi kanak-kanak, bermain anak, bermusik anak, dongeng anak, pemutaran film bioskop/cinema 6D, bebas pustaka, ruangan informasi & customer service, koleksi braile, koleksi umum, koleksi referensi umum, koleksi digital, koleksi langka, kamus & ensiklopedia, koleksi penyimpanan bahan pustaka.  (*)

 

Plesiran Ilmu di Grhatama Pustaka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *