mahasiswa
Mahasiswa jadi delegasi IYS di Turki.

Siarpedia.com, Bantul – Pemuda merupakan generasi penerus bangsa yang nantinya melanjutkan cita cita bangsa. Jiwa kepemimpinan yang tangguh dibutuhkan untuk menghasilkan generasi  unggul. Guna mewujudkan cita-cita mulia tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali mengirimkan dua mahasiswanya dalam Istanbul Youth Summit 2020 (IYS 2020) di Baglarbas Congress and Culture Center Uskudar Istanbul Turki.

 

Mereka yang beruntung adalah Baiq Ulva Rahmawati (Hubungan Internasional 2017) dan Rahul Abdhi Mahgail (Teknik Elektro 2018).  Istanbul Youth Summit 2020 (IYS 2020) diselenggarakan pada tanggal 27-30 Januari 2020. Acara ini diselanggarakan oleh Youth Break the Boundaries (YBB) dengan mengusung tema ‘Preparing Youth Leader 2045: Breakthrough in Regeneration for Strategic Position in Government and Non-Government Organizations’.

 

Baiq Ulva Rahmawati menyatakan, tujuan diselengarakannya acara ini adalah untuk berbagi pengetahuan kepemimpinan antar bangsa dan dunia dengan kaum muda. Hal ini sebagai bentuk kontribusi nyata bagi pembangunan generasi muda. “Acara ini dihadiri oleh 200 peserta yang berasal dari beberapa negara di dunia yang terpilih menjadi delegasi, Istanbul Youth Summit 2020 berlangsung meriah,” ungkapnya, Senin, 17 Februari 2020.

 

Dikatakan, dengan tagline collaboration in diversity ratusan peserta delegasi datang dari berbagai macam negara dapat bersatu dan berkolaborasi untuk memperluas jaringan antar pemimpin muda di dunia. Peserta IYS diminta menampilkan budaya dari masing masing negara asalnya. “Kami beserta perwakilan mahasiswa Indonesia lainnya bersama menampilkan tari saman dengan dikombinasikan menggunakan Baju Bodo Adat Bugis-Makassar, “ ungkapnya.

 

Menurutnya, proses seleksi yang dilakukan oleh panitia untuk dapat terlibat dalam IYS cukup ketat karena harus bersaing menyisihkan ribuan paper mahasiswa dari seluruh Indonesia. Ia mengambil tema tentang gold generation 2045. Karena generasi yang harusnya dicetak pada tahun 2045 adalah generasi yang mempunyai mental kuat, kreatif, dan mau berkolaborasi dengan negara lain. (*)

 

Mahasiswa UMY Jadi Delegasi Istanbul Youth Summit
Tag pada:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *