Narasumber sedang menyampaikan paparannya.
Narasumber sedang menyampaikan paparannya.

Siarpedia.com, Bantul – Publikasi merupakan hal yang penting bagi seorang akademisi dalam rangka membangun reputasi dan juga relasi internasional. Berkenaan dengan hal tersebut, Program studi (Prodi) Magister Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan pelatihan Comprehensive Systematic Review dengan menghadirkan narasumber  Dr Richard Wiechula, dosen senior di Adelaide Nursing School Australia.

 

Saat memberikan kata sambutan pembukaan, Senin, 17 Februari 2020, Kepala Prodi Magister Keperawatan UMY Fitri Arofiati Skep Ns MAN PhD mengungkapkan, tujuan diadakannya program pelatihan Comprehensive Systematic Review  ini adalah untuk semakin meningkatkan jumlah atau kuantitas dan juga kualitas dari publikasi para akademisi, utamanya di lingkungan Prodi Magister Keperawatan UMY.

 

Apalagi, kini publikasi sudah menjadi kebutuhan sivitas kampus, termasuk bagi sivitas UMY yang harus dilakukan sebagai salah satu pertanggungjawaban akademik. Selain itu, ia juga berharap setelah pelatihan ini, para dosen menjadi lebih aktif dalam melakukan publikasi. Pelatihan yang diikuti oleh dosen Prodi Magister Keperawatan dan beberapa rumpun ilmu kesehatan, berlangsung Senin sampai Kamis, 17 -20 Februari 2020.

 

Menurut Richard Wiechula, Systematic Review merupakan salah satu metode yang penting untuk diketahui oleh para akademisi, karena merupakan salah satu metode untuk melakukan penelitian sebelum publikasi.  “Systematic Review penting karena dapat memberikan bukti yang terbaik dalam melakukan penelitian. Tidak hanya itu, para akademisi juga dapat meningkatkan skill mereka dalam hal penelitian,” ungkapnya.

 

Selain itu, Richard Wiechula juga mengatakan, setelah adanya pelatihan Comprehensive Systematic Review  yang digagas Prodi Magister Keperawatan UMY ini kemampuan para peserta dalam melakukan publikasi juga semakin baik. Apalagi, saat mengikuti acara ini sudah memiliki antuasias tinggi ini dapat mempersiapkan diri untuk melakukan publikasi, atau bahkan mengikuti project penelitian bersama dirinya (*)

 

Magister Keperawatan UMY Tingkatkan Kualitas Publikasi
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *