Kejurnas Pencak Silat di UPN Veteran

NewsLINE SportBUGAR
sil
UPN Veteran menjadi tuan rumah Kejurnas Pencak Silat.

Siarpedia.com, Sleman – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat Piala Presiden digelar di Auditorium Universitas Pembangunan Nasional (UPN)  Veteran Yogyakarta, dari 10-14 Februari 2020. Tahun ini kejurnas yang diselenggarakan dua tahun sekali ini mengusung tema ‘Menumbuhkan Rasa Nasionalisme, serta Melestarikan Ragam Budaya Bangsa melalui Pencak Silat’. Tercatat ada 341 atlet dari 51 peguruan tinggi se Indonesia ambil bagian di even ini.

 

“Tahun ini, UPNVY menerjunkan 13 atlet yang berlaga dalam even ini. Kejurnas pencak silat ini diharapkan dapat membangkitkan kembali jiwa patriotisme, nasionalisme, religius-kultural dan humanistik yang melandasi profesionalisme dalam intelektual dan moralitas mahasiswa guna menghadapi tantangan globalisasi,” harap Markus Kusnardijanto SSos, Kasubag Kerja Sama dan Humas UPN Veteran.

 

Ada beberapa nomor pertandingan yang akan digelar dalam Kejurnas Pencak Silat kali ini. Mulai dari kategori tanding, seni tunggal, seni ganda, dan seni beregu baik putra maupun putri. Untuk kategori tanding putra ada 10 kelas di pertandingan mulai dari kelas A-J, sedangkan tanding putri ada 6 kelas mulai dari A-F. Untuk kategori seni tunggal, ganda, regu menggunakan senjata berupa toya dan golok.

 

Kejurnas pencak silat antar mahasiswa ini adalah agenda tahunan UPNVY yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1995. Pada awalnya kejuaraan ini diselenggarakan karena minimnya pertandingan serupa yang mengakomodir seluruh perguruan Pencak Silat yang ada di lingkungan Perguruan Tinggi. Sebelumnya kejuaraan ini hanya dilaksanakan untuk mahasiswa di wilayah DIY dan Jawa Tengah.

 

Seiring perjalanan waktu, kejuaraan meningkat ke level Jawa- Bali dan akhirnya pada 2002 menjadi tingkat nasional. Kejuaraan ini memperebutkan beberapa piala bergengsi, salah satunya Piala Bergilir Presiden RI untuk Juara Umum. Ada pula Piala Bupati, Walikota, Dispora, Dinas Pariwisata, Polda DIY, IPSI, KONI, dan BAPOMI untuk peraih juara 1 Kategori Tanding (putra/putri). Serta Piala Rektor UPNVY untuk kontingen favorit.   (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *