Cerita 3 Mahasiswa UNY Transfer Kredit di Thailand

HumanioraEDU NewsLINE
mas
3 mahasiswa UNY yang ikut transfer kredit di Thailand.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Titha Monika Retno dari Program Studi (Prodi) Biologi, Kusuma Galih Ayusaputri (Pendidikan Biologi) dan Afif Oktavia Putri Sakti (Pendidikan Fisika) merupakan 3 dari 38 lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang mengikuti yudisium periode Januari 2020, pada Kamis, 7 Februari 2020.

 

Ketiganya pernah mengikuti program transfer kredit di Yala Rajabhat University (YRU), Thailand pada 2018. “Kalau di YRU Thailand antara teori dan praktikum digabung menjadi pembelajarannya sekitar 3 jam. Selain itu, pembelajarannya lebih banyak presentasi, sehingga lebih mengasyikan. Untuk fasilitas laboratoriumnya juga relatif lebih bagus,” ungkap Titha menjelaskan tentang pengalamannya.

 

Dijelaskankan pula, untuk pembelajarannya menggunakan dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Melayu. Jika berkomunikasi dengan dosen menggunakan bahasa Inggris, tapi dengan sesama mahasiswa menggunakan bahasa Melayu. Tapi banyak juga mahasiswa yang tidak bisa berbahasa Inggris maupun Melayu, jadi menggunakan bahasa Tarzan maupun menggunakan handphone untuk translate ke bahasa Thailand.

 

“Jadi ada baiknya dimasa datang jika ada transfer kredit disana juga membekali diri dengan belajar bahasa Thailand,” saran Titha. Sedangkan untuk kegiatan mahasiswa di malam hari disana tidak dibatasi jamnya karena terus dipantau oleh satpam. Di malam hari merupakan malam kreativitas bagi mahasiswa. Jadi para mahasiswa tidak merasa bosan beraktivitas di kampus.

 

Sedangkan Kusuma Galih menceritakan tentang program ‘kakak asuh’, yakni mahasiswa kakak tingkat yang membantu yuniornya, seperti pada peminjaman buku, sampai membantu belajar. Diceritakan pula juga mengajar di sebuah sekolah setingkat SMA. Jadi memang ada panitia yang mencarikan sekolah tempat kita mengajar. Jadi bisa mempraktikan mengajar di sekolah tersebut walaupun bukan dari prodi kependidikan.    (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *