Teknologi robotik terus berkembang
Teknologi robotik terus berkembang.

Siarpedia.com, Bantul – Era 4.0 menjadikan inovasi pendidikan terus berkembang, termasuk pendidikan tentang teknologi robotik. Bahkan teknologi robotik telah menjadi subjek penting pada pendidikan di negara-negara maju dan berkembang. Di samping itu, hal ini juga menjadi tantangan dalam dunia pendidikan yang terus berkembang, terutama dalam bidang matematika di era 4.0 menuju era 5.0.

 

“Seluruh masyarakat akademis dituntut memahami dan mempunyai wawasan yang luas terkait bidang robotik. Dengan hal tersebut, diharapkan bisa lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang bergerak dengan sangat cepat terutama di sekolah-sekolah yang berbasis IT,” ungkap Kepala Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) Nanang Khuzaini SPdSi MPd, Selasa, 4 Februari 2020.

 

Seperti disampaikan Kepala Humas UMBY Widarto MM, Nanang Khuzaini mengatakan, berangkat dari perkembangan dan pesatnya dunia IT pada saat ini tersebut, Prodi Pendidikan Matematika UMBY memberikan sosialisasi tentang pendidikan teknologi berbasis robotik dan beasiswa yang ada di UMBY di hadapan civitas akademika SMKN 1 Nanggulan dan SMA Muhammadiyah Mlati.

 

Sedangkan Kepala Laboratorium Robotik Pendidikan Matematiika UMBY Nuryadi SPdSi MPd menyatakan, teknologi terbarukan, seperti bentuk program android dalam memudahkan pembelajaran matematika, kini mulai mengarah ke robotik. Untuk itu, pihaknya perlu melakukan sosialisasi agar siswa di SMA/MA/SMK terus dapat melakukan inovasi dan tidak ketinggalan dengan sekolah-sekolah di luar Indonesia.

 

“Ke depan, teknologi tersebut sangatlah diperlukan oleh masyarakat. Mereka harus bisa menguasainya. Sebab, kalau tidak, maka Indonesia akan kalah kompetisi dengan negara asing. Nantinya akan banyak pekerjaaan bisa digantikan oleh robot. Tidak lagi dikerjakaan oleh manusia. Oleh karena itu, Pendidikan Matematika UMBY berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat memberikan edukasi kepada seluruh sekolah,” ucapnya.   (*)

 

Era 4.0, Pentingnya Belajar Teknologi Robotik
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *