narasumber sedang menyampaikan materinya.
Narasumber sedang menyampaikan materinya.

Siarpedia.com, Sleman – Plastisitas merupakan salah satu kemampuan otak yang penting, yang melingkupi berbagai kapabilitas otak, termasuk kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan lingkungan dan penyimpanan memori dalam proses belajar. Karena itu. anak- anak bisa belajar lebih cepat dari pada orang dewasa, termasuk menguasai bahasa asing di usia muda, penguasaan alat musik, bermain bola, bahkan pemulihan dari cedera otak yang lebih cepat.

 

“Plastisitas otak adalah kemampuan otak untuk mengorganisasi dirinya sendiri, dengan pembentukan hubungan saraf baru dalam seluruh pertumbuhan,” ungkap Dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Dr Ariyanti Saleh SKp MSi pada Studium Generale dengan tema Plastisitas Otak dan Stimulasi pada Anak di Hall Baroroh Baried, Kampus Universitas ‘Aisyiyah (UNSA) Yogyakarta, Senin, 3 Februari 2020.

 

Dalam kesempatan tersebut, Fikes UNISA menambahkan daftar kerja sama dengan Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Kerja sama ditandatangani kedua Dekan Fakultas, yaitu Mohammad Ali Imron SSos MFis dan dari Unhas oleh Dr Ariyanti Saleh SKp MSi, yang didampingi Rektor UNISA Warsiti MKep SpMat. Kerja sama menekankan pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

 

Acara digagas oleh Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Fakultas Ilmu Kesehatan UNISA. Studium generale kali ini diberi kata pengantar oleh Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan UNISA Suratini Skep Ns MKep SpKom. Diharapkan, mahasiswa Prodi Ilmu Keperawatan Fikes UNISA dapat mengeksplorasi ilmu dan wawasannya yang didapatkan dalam kegiatan studium generale tersebut.

 

“Kebetulan ibu Ariyanti ini ahli di bidang keperawatan anak, jadi akan membuat mahasiswa lebih gamblang dan terbuka dalam asuhan keperawatan. Kerja sama kedua belah pihak ini diharap nantinya dapat diperinci lagi dan dapat diperluas di program studi lainnya,” harap Warsiti, seraya mengatakan, pelaksanaan penandatangan kerja sama dilanjutkan dengan diskusi dan sharing juga cukup positif.   (*)

 

Plastisitas, Belajar Anak Lebih Cepat
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *