975 Calhaj Bantul Siap Diberangkatkan

Bisnis HumanioraEDU
Calhaj Bantul saat mendapatkan pengarahan.
Calhaj Bantul saat mendapatkan pengarahan.

Siarpedia.com, Bantul – Pada tahun 2020 atau 1444 Hijriyyah ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul siap memberangkatkan jama’ah calon haji (calhaj) sejumlah 975 orang. Kepada para jama’ah calon haji untuk mempersiapkan diri baik fisik, mental dan tentunya kekuatan iman, sehingga disetiap langkah ibadah haji nantinya dapat terlaksana dengan aman, lancar dan sempurna serta menjadi haji mabrur.

 

Ketua Panitia Penyelenggara Haji Kabupaten Bantul Drs H Sukamto M Pd, Kamis, 23 Januari 2020, menyatakan, pihaknya pun berharap adanya pengarahan dari bupati dapat menjadi pendorong semangat bagi jama’ah calon haji yang akan melaksanakan  ibadah haji tahun ini.  “Untuk itu,  pengarahan dari Bapak Bupati sangat kami harapkan,” ungkapnya saat acara Ta’aruf Jama’ah Calon Haji Bantul di Masjid Agung Bantul, seperti dilansir dari laman Pemkab Bantul.

 

Dari 975 jamaah calhaj Bantul terdapat lima calon haji yang usianya sekitar 85 tahun. Dalam kesempatan ta’aruf jamaah calhaj juga disampaikan materi-materi diantaranya Kepala Kemenag Bantul Drs Bukhori Muslim MPdI yang menyampaikan tema ‘Pelaksanaan Ibadah Haji Indonesia’. Sedangkan dari Dinas Kesehatan Bantul drg Tri Wahyuni menyampaikan  materi bertema ‘Istitho’ah Kesehatan Jama’ah Haji Indonesia’.

 

Sukamto, yang juga tercatat sebagai Kepala Bagian Administrasi Kesra Setda Kabupaten Bantul mengatakan, tujuan diselenggarakan acara ta’aruf jamaah calhaj ini adalah dikarenakan sebagian besar jama’ah calon haji belum mengenal istitho’ah, serta operasional penyelenggaraan haji Kabupaten Bantul. Tujuan lainnya agar diantara mereka tumbuh kebersamaan, sehingga menumbuhkan kegotongroyongan.

 

Sementara Bupati Bantul Drs H Suharsono dalam sambutannya menyampaikan, untuk menjalankan ibadah haji di tanah suci Mekkah perlu kesabaran dan kehati-hatian yang cukup. Hal ini karena bertemu dengan berbagai macam bangsa seperti bangsa Arab, Eropa, Afrika yang fisiknya lebih besar dari orang Indonesia. “Untuk itu saya berpesan kepada para jama’ah calon haji untuk mempersiapkan baik fisik, mental dan tentunya kekuatan iman,” ucapnya.    (*)

Tinggalkan Balasan