Cafe tradisional milik RSUP Dr Sardjito hadirkan minuman jamu .
Cafe tradsional milik RSUP Dr Sardjito hadirkan minuman jamu.

Siarpedia.com, Sleman – Jamu dan minuman tradisional berkhasiat obat kini semakin mendapatkan tempat tersendiri bagi pecintanya. Bahkan, rumah sakit pun sudah mengakomodirnya sebagai salah satu layanan unggulan, sekaligus mewujdukan program health tourism yang digagas Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

“Sebagai rumah sakit milik pemerintah, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito pun menjadi salah satu roapmap pengembangan health tourism tersebut dengan menghadirkan cafe tradisional, sekaligus sebagai upaya mengangkat potensi herbal dan jamu secara kekinian. Minum jamu bukan lagi ndeso, tapi sudah menjadi gaya hidup sehat,” ungkap Kabag Humas dan Hukum RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan SH MH, Senin, 13 Januari 2020.

 

Ia mengatakan, memang saat ini pemerintah sedang menggalakkan destinasi wisata kesehatan. Bahkan sejumlah tempat telah ditargetkan jadi destinasi wisata tersebut. RSUP Sardjito masuk dalam roadmap sebagai salah satu destinasi wisata kesehatan di Indonesia. Salah satunya karena rumah sakit di Yogyakarta tersebut mengusung jamu sebagai andalannya. Harapannya citra maupun kualitas minuman tradisonal dan jamu bisa terangkat.

 

Direktur Umum dan Operasional RSUP Dr Sardjito drg Rini Sunaring Putri Mkes menyatakan, rumah sakit ini  memiliki kafe jamu yang terintegrasi.  “Kami juga punya tenaga ahli yang harapannya bisa mengurangi masyarakat berobat ke luar negeri, mendatangkan pasien dari luar negeri. Kami juga mencoba mengangkat tradisi di rumah sakit seperti adanya kafe jamu yang mungkin satu-satunya di rumah sakit Indonesia saat ini,” paparnya.

 

Berdasarkan data Kemenkes, roadmap destinasi wisata kesehatan mulai disusun dengan beberapa wilayah yang menjadi andalan. Antara lain Jakarta, Yogyakarta, Solo, Semarang dan Bali. Sedangkan Yogyakarta dijadikan salah satu daerah andalan lantaran memiliki potensi luar biasa baik dari pemerintah maupun swasta, termasuk RSUP Dr Sardjito dengan café tradisionalnya yang menyuguhkan seduhan jamu dan bahan herbal bermutu. (*)

Cafe Tradisional Angkat Jamu Secara Kekinian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *