Explore Dlingo Semakin Memanjakan Wisatawan

Destinasi Leisure
Jurang tTembelan Dlingo Bantul
Jurang Tembelan Dlingo Bantul.

Siarpedia.com, Bantul – Siapa yang tidak mengenal Dlingo. Obyek wisata (Obwis) di Kabupaten Bantul yang sedang ngehits ini, juga pernah dikunjungi oleh Barack  Obama semasa masih menjadi Presiden Amerika Serikat (AS). Sang presiden AS itu sempat mampir untuk mengisi liburan di wisata Dlingo saat berkunjung ke Indonesia, tepatnya di objek wisata Puncak Becici yang berlokasi di Kecamatan Dlingo, Bantul.

 

Guna lebih mempopulerkan wisata Dlingo, tim peneliti dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas  Pembangunan Nasional (UPN) ‘Veteran’ Yogyakarta membuat aplikasi berbasis android dengan nama Explore Dlingo. Aplikasi Explore Dlingo secara simbolik diserahkan oleh Ketua Tim dari UPN Veteran Ninik Probosari SE MSi kepada Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo SSos.

 

Berdasarkan catatan di Dispar Bantul tercatat ada 28 obyek wisata yang ada di Kecamatan Dlingo pun kini bisa diakses melalui aplikasi Explore Dlingo. Netizen atau masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi seputar wisata di Dlingo. Informasi sudah lengkap dengan gambar serta peta lokasi berbasis digital. Aplikasi Explore Dlingo bisa diunduh dari Playstore dan kedepannya juga bisa diakses dari iOS.

 

Kwintarto Heru Prabowo pun menyambut baik inovasi aplikasi yang digagas dari tim LPPM UPN Veteran Yogyakarta. Diharapkan dengan adanya aplikasi Explore Dlingo dapat membantu wisatawan yang hendak mengisi liburan di Bantul, utamanya di wilayah bersangkutan. :Saat ini peran teknologi sangat penting dalam pembangunan, termasuk dalam pengembangan potensi pariwisata di Bantul,” ungkapnya, Minggu, 12 Januari 2020.

 

Dengan demikian, berbicara mengenai pengembangan sektor pariwisata secara menyeluruh, maka tidak hanya bicara persoalan potensi objek . Tetapi, bagaimana masyarakat bersama pemerintah dapat menjaga keberlangsungan penggiat dan destinasi wisata yang ada. Menurutnya, pengembangan wisata di desa adalah menguatkan komitmen kepala desa untuk menjadi pembina pariwisata dan tidak tergantung dinas.   Yuk, unduh Explore Dlingo dan berwisata ke Dlingo!   (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *