Melalui Literasi Bisa Dapat Beasiswa Fullbright

HumanioraEDU NewsLINE

 

Aktivitas membaca dan menulis
Aktivitas membaca dan menulis.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Budaya literasi atau aktivitas membaca dan menulis dalam masyarakat masih perlu ditingkatkan. Apalagi, Indonesia sedang mengalami krisis literasi, bukan saja pada level masyarakat umum, juga dikalangan pelajar dan mahasiswa.  Oleh karena itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Mercu Buana Yogyakarta (Prodi PBI UMBY) mengajak mahasiswa dan masyarakat sebagai sumber daya manusia (SDM) unggul harapan masa depan agar sadar sejak dini dengan pentingnya literasi di dunia pendidikan.

 

Kaprodi PBI UMBY Elysa Hartati MPd juga menegaskan bahwa mahasiswa PBI UMBY seyogyanya pun ikut andil dalam meningkatkan literasi di dunia pendidikan Indonesia. Sebagai mahasiswa, juga generasi muda bangsa sudah sepantasnya bisa memberikan contoh dan teladan baik di lingkungannya, termasuk bagaimana membudayakan literasi yang menjadi salah satu bagian penting pendidikan. Dengan demikian mutu pendidikan pun bisa menjadi lebih baik.

 

Elysa Hartati menyampaikan hal tersebut berkaitan dengan General Lecture bertema ‘Exploring the World through the Love of Literacy’ yang diselenggarakan di kampus UMBY. “Acara General Lecture ini digagas oleh Prodi PBI UMBY dengan menghadirkan narasumber praktisi literasi, yang juga dosen Universitas Sanata Dharma (USD) di Yogyakarta Yuseva Ariyani I MEd. Yuseva pun saat ini sedang menempuh kuliah S3 di Ohio State University,” katanya seperti dilansir UMBY, Minggu, 12 Januari 2020.

 

Dijelaskan Elysa Hartati, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya literasi di dunia pendidikan Indonesia dengan dihadiri 100-an mahasiswa dari PBI UMBY, 5 mahasiswa dari universitas lain, dan 6 dosen PBI UMBY, serta 1 dosen dari universitas lain. Tema kecintaan terhadap literasi ini sengaja diusung karena Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem yang menilai Indonesia sedang mengalami krisis literasi.

 

Sedangkan Yuseva berbagi pengalaman tentang literasi baca yang membawanya bisa mendapatkan beasiswa fulbright di Ohio State University. Menurutnya, budaya literasi yang belum bagus memang menjadi tantangan tersendiri dalam masyaraat kita. Karena itu, adanya acara diharapan kegiatan ini membuat mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan dan berbagi pengalaman mereka terkait kegiatan literasi.  Selain itu, pembicara memberikan buku bagi mahasiswa yang berkenan berpartisipasi dalam acara kuliah umum.   (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *