Tantangan Profesi BK Semakin Tak Mudah

 

Kampus UMBY.
Kampus UMBY.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Tantangan profesi bimbingan dan konseling (BK) pada saat ini semakin tidaklah mudah, sehingga membutuhkan penguatan jalinan kerja sama dari semua pihak. Apalagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara juga semakin kompleks seiring kecanggihan teknologi dan informasi. Hal ini menjadi salah satu alasan pengelola jurnal dari Program Studi (Prodi) BK Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) untuk menjalin kerja sama strategis dengan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN).

 

Humas UMBY Widarto menyatakan, naskah jalinan kerja sama UMBY dengan ABKIN ditandatanggani oleh pengelola jurnal International Journal of Applied Guidance and Counseling (IJAGC) UMBY Luky Kurniawan MPd dengan Ketua ABKIN Prof Dr Moh Farozin MPd dengan didampingi Kaprodi BK UMBY Abdul Hadi MPd.  “Kerja sama ini juga menjadi wadah mengkomunikasikan hasil riset para akademisi dan profesional BK. IJAGC UMBY menggandeng Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) untuk bekerja sama dalam penerbitan secara berkala,” kata Widarto, Sabtu, 11 Januari 2020.

 

Sedangkan Abdul Hadi MPd menyatakan apresiasi yang luar biasa terhadap pengelola jurnal, karena Prodi BK UMBY dapat belajar dari adanya kerja sama ini. Direncanakan jurnal ini dicanangkan berskala internasional, sehingga menjadi daya tarik para akademisi, praktisi dan profesional untuk turut memberikan sumbangsih pemikiran maupun hasil riset, baik riset yang turut berkontribusi secara teoritis maupun manajerial atau praktik BK di lapangan terkini, sehingga menjadi sarana tukar solusi bagi pengembangan prodi BK pula.

 

Dalam kesempatan tersebut, Moh Farozin berharap adanya jurnal yang di kelola oleh Prodi BK UMBY dapat berkontribusi menguatkan profesi dan menebarkan manfaat yang lebih luas untuk kemaslahatan masyarakat luas.  Sebagai langkah nyata dengan hadirnya IJOAC harapannya bisa memfasilitasi diskusi keilmuan yang menjawab permasalahan yang berkembang dalam pendidikan maupun masyarakat pada umumnya, utamanya yang berkaitan dengan isu-isu BK di dalam maupun luar negeri.    (*)

Tantangan Profesi BK Semakin Tak Mudah
Ditag di:    

Satu gagasan untuk “Tantangan Profesi BK Semakin Tak Mudah

  • 12 Januari 2020 pukul 5:27 am
    Permalink

    #Mantul…..

    Balas

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: