SMA Muh 1 Yogya Juara 1 Kompetisi High School War UMBY  

SMA Muh 1 Yogya Juara 1 Kompetisi High School War UMBY
SMA Muh 1 Yogya Juara 1 Kompetisi High School War UMBY

Siarpedia.com, Yogyakarta – Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Kompetisi High School War, Selasa, 11 Juni 2024 di Ruang Seminar Kampus 1 UMBY. Dalam ajang ini, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta mampu meraih juara 1 Kompetisi High School War UMBY tersebut.

 

Kompetisi High School War UMBY ini diikuti oleh 9 tim dari 8 sekolah di DIY, yaitu SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Negeri 1 Imogiri, SMA Negeri 1 Jetis, SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta, SMA Dharma Amiluhur, SMK Negeri 1 Sedayu, MAN 3 Bantul dan SMA IT Abu Bakar Boarding School Kulon Progo. Kompetisi ini bertujuan untuk mengubah persepi terhadap kompetisi matematika yang selama ini dinilai rumit.

 

Ketua HIMATIKA UMBY Yohan menjelaskan kompetisi terdiri dari 3 babak. Babak pertama yakni penyisihan. Pada babak ini, peserta diberikan 200 soal operasi dasar matematika. Sebanyak 8 tim dengan jawaban salah paling sedikit, maju ke Semi Final.  Pada babak penyisihan ini, 8 tim dibagi menjadi 2 grup, masing-masing grup memperebutkan juara 1 sebagai perwakilan grup dengan soal Tebak Bilangan Prima.

 

Baca Juga ; UMBY Gelar Workshop Manajemen Pengelolaan Jurnal, Hadirkan Narsum dari UMM  

 

Juara dari masing-masing grup menjadi perwakilan yang maju ke final, dengan ketentuan tim harus membuat operasi hitung untuk mencapai angka tujuan dari angka yang dibuat sendiri kedua tim. Di babak final dimenangkan oleh 2 tim yang menang dari semifinal. Babak ini untuk menentukan juara 1 dan juara 2. Dalam babak ini, tim SMA IT Abu Bakar Boarding School sebagai juara II, dan juara I diraih oleh tim dari SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

 

Kompetisi ini bertujuan untuk mengubah persepi terhadap kompetisi matematika. Bahwa kompetisi matematika bukan hanya dapat dilakukan seperti olimpiade, tetapi juga dapat dilakukan dengan berbasis game yang lebih mengasyikkan,”

 

Nafida Hetty Marhaeni MPd, Kaprodi Pendidikan Matematika UMBY berharap kedepan akan semakin banyak kegiatan-kegiatan serupa. “Kompetisi ini bertujuan untuk mengubah persepi terhadap kompetisi matematika. Bahwa kompetisi matematika bukan hanya dapat dilakukan seperti olimpiade, tetapi juga dapat dilakukan dengan berbasis game yang lebih mengasyikkan,” imbuhnya. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

SMA Muh 1 Yogya Juara 1 Kompetisi High School War UMBY  

Tinggalkan Balasan