Pendidikan Matematika UMBY Ikuti Bimtek STEM dan TPACK di BBGP DIY  

Pendidikan Matematika UMBY Ikuti Bimtek STEM dan TPACK di BBGP DIY
Pendidikan Matematika UMBY Ikuti Bimtek STEM dan TPACK di BBGP DIY

Siarpedia.com, Yogyakarta –  Program Studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengimplementasikan aktivitas hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PPKM) melalui kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk Mata Kuliah Multimedia Pembelajaran Matematika.

 

Bimtek diselenggarakan di Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) DIY pada Senin, 30 Oktober 2023 pukul 08.00-16.00 WIB atau setara 8 jam pembelajaran. Materi yang disampaikan pada Bimtek disesuaikan capaian perkuliahan, yaitu pembelajaran berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) oleh Muh Tamimuddin Hidayatullah ST MT.

 

Selain itu, mengenai pembelajaran berbasis STEM dan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) oleh Marfuah SSi MT. Kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Umum BBGP Provinsi DIY yaitu Hari Suryanto SIP MPA. Pada acara ini, dihadiri pula oleh Dekan FKIP UMBY Nuryadi SPd Si MPd beserta jajarannya.

 

Harapannya, mereka melalui bimbingan teknis oleh pakar ahli STEM dan TPACK, mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, mengembangkan kreativitas dan inovasi,”

 

Kaprodi Pendidikan Matematika UMBY Nafida Hetty Marhaeni MPd menyatakan, Bimtek ini diikuti oleh 35 mahasiswa prodi Pendidikan Matematika yang mengambil konsentrasi multimedia pembelajaran matematika. “Harapannya, mereka melalui bimbingan teknis oleh pakar ahli STEM dan TPACK, mahasiswa dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis, mengembangkan kreativitas dan inovasi,” ucapnya.

 

Baca Juga ; Demokrasi di Era Digital, Butuh Sikap Kritis Mahasiswa  

 

Selain itu, mahasiswa juga dapat menyesuaikan kurikulum yang ada, meningkatkan partisipasi siswa melalui integrasi teknologi pembelajaran, meningkatkan kualitas pengajaran, dan menjadikan mereka lebih siap berada di dunia digital. Bimtek ini terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu presentasi pakar TPACK dengan berbagi wawasan tren terkini dan praktik terbaik dalam integrasi TPACK dan STEM. Setelah itu dilanjutkan diskusi kolaboratif. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Pendidikan Matematika UMBY Ikuti Bimtek STEM dan TPACK di BBGP DIY  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: