Implementasikan MBKM, Tim UMBY Jadi Pemakalah Seminar Pemberdayaan Desa  

Implementasikan MBKM, Tim UMBY Jadi Pemakalah Seminar Pemberdayaan Desa
Implementasikan MBKM, Tim UMBY Jadi Pemakalah Seminar Pemberdayaan Desa

Siarpedia.com, Yogyakarta –  Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) yang tergabung dalam Tim Pekan Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) Semudaya mengikuti Seminar Nasional di Universitas Tidar, Magelang pada Jumat, 29 September 2023. Seminar mengusung tema “Pemberdayaan Desa oleh Ormawa”.

 

Kegiatan ini menghadirkan Dr Ir Sri Suning Kusumawardani ST M.T (Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), Prof Dr Parmin SPd MPd (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Tidar), dan yang terakhir Prof Dr Uyu Wahyudin MPd (Dosen Universitas Pendidikan Indonesia) sebagai pembicara.

 

Adapun keempat mahasiswa BK UMBY yang menjadi pemakalah dalam seminar nasional tersebut diantaranya Lailatul Fajriah, Angela Septaria Mentari Manao, Nanda Giantari, dan Refiana Azizu. Tim PKM PM BK UMBY mengikuti serangkaian acara dan menjadi salah satu pemakalah dengan judul artikel “Pembinaan Kesenian Jathilan Untuk Mewujudkan Generasi Sadar Budaya”.

 

Keikutsertaaan mahasiswa dalam seminar ini merupakan salah satu kegiatan puncak pengabdian masyarakat,”

 

Artikel hasil pengabdian yang dipresentasikan merupakan salah satu luaran PKM PM Semudaya. Artikel disusun berdasarkan pengabdian masyarakat yang sudah terlaksana sejak Juli 2023 berupa pelatihan diantarnya pelatihan tari, sinden, musik dan rias diri untuk pemain jathilan. “Keikutsertaaan mahasiswa dalam seminar ini merupakan salah satu kegiatan puncak pengabdian masyarakat,” ungkap Dosen Pembimbing UMBY Ruly Ningsih MPd.

 

Baca Juga ; Dosen Pendidikan Matematika UMBY Ini Studi Banding di NYP Singapore  

 

Kaprodi BK UMBY Luky Kurniawan MPd mengaku bangga pada kemauan belajar mahasiswa BK UMBY. Iklim akademis yang telah terbentuk ini harapannya membantu mahasiswa berani beraktualisasi diri dan berinovasi dengan kreativitasnya. PKM ini juga menjadi salah satu wujud implementasi Program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (MBKM) yang mana dapat mendukung indikator kinerja utama perguruan tinggi. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Implementasikan MBKM, Tim UMBY Jadi Pemakalah Seminar Pemberdayaan Desa  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: