Bagir Manan Ajak Pers Kampus Bangkit

Bagir Manan Ajak Pers Kampus Bangkit
Bagir Manan Ajak Pers Kampus Bangkit

Siarpedia.com, Medan Prof Bagir Manan mengajak aktivis mahasiswa untuk kembali menyemarakkan pers kampus. Hal itu diutarakan saat memberi kuliah umum Mahasiswa dan Masa Depan Jurnalisme Berkualitas di Universitas Medan Area (UMA) pada acara Dewan Pers Goes to Campus yang dibuka Rektor UMA, Prof Dr Dadan Ramdan MSc, Senin (6/2) di Medan.

 

Mungkin saya salah tetapi ini yang saya rasakan. Ke mana hilangnya pers kampus? Mari kita bangkit lagi tumbuhkan lagi aktivitas pers mahasiswa,”

 

Disampaikana, di tengah iklim kebebasan yang berkembang saat ini, Bagir justru melihat pers kampus ibarat mati suri. “Mungkin saya salah tetapi ini yang saya rasakan. Ke mana hilangnya pers kampus? Mari kita bangkit lagi tumbuhkan lagi aktivitas pers mahasiswa,” kata Bagir yang mantan ketua Mahkamah Agung dan ketua Dewan Pers periode 2010-2016, sebagaimana dilansir dari laman Dewan Pers.

 

Bagir menambahkan, pers mahasiswa itu juga untuk memupuk intelektualisme. Sedangkan ciri intelektual adalah berkarakter. Selain itu, pers mahasiswa merupakan salah satu sumber dari sumber daya manusia unggul. Bagir mengandaikan, aktivis pers mahasiswa itu merupakan barang jadi.

 

Menurut Bagir, penerbitan pers kian membutuhkan SDM berkualitas. Dengan menerima calon wartawan yang aktivis pers kampus, perusahaan pers akan mendapat banyak keuntungan dan kemudahan. Perusahaan pers tidak perlu lagi melakukan pelatihan sejak dari nol bagi wartawannya.

 

Baca Juga ; Produk Kulon Progo Hadir di ASEAN Tourism Forum 2023

 

Bagir menduga ada beberapa hal yang menyebabkan menurunnya aktivitas pers kampus. Pertama mungkin karena regenerasi aktivis pers kampus sangat cepat. Hal kedua, papar Bagir, karena pers kampus tak sekadar butuh idealisme tetapi juga memerlukan uluran tangan pemilik modal. Penyebab ketiga, ujar Bagir, mungkin karena saat ini beban kurikulum mahasiswa kian berat dan harus bisa segera lulus. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Bagir Manan Ajak Pers Kampus Bangkit

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: