UNY Berpartisipasi Dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo 2022  

UNY Berpartisipasi Dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo 2022
UNY Berpartisipasi Dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo 2022

Siarpedia.com, Yogyakarta – UNY berpartisipasi aktif dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo yang digelar di UPN Veteran Jawa Timur Surabaya 22-25 November 2022. KMI Expo merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Direktorat Belmawa, Ditjen Diktiristek, Kemdikbudristek dan diikuti wirausaha mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

 

KMI Expo XIII Tahun 2022 dengan mengusung Tema “Entrepreneurs Change to Good Life” mempunyai target terwujudnya ekosistem kewirausahaan di perguruan tinggi dan menyediakan wadah untuk memfasilitasi mahasiswa wirausaha Indonesia ini, serta merupakan bagian rangkaian kegiatan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) dan Inovasi Wirausaha Digital Mahasiswa (IWDM) 2022.

 

Dalam kegiatan ini UNY meloloskan 4 tim yaitu Dana Brata dengan usaha Bebek Restorasi, Ade Kurniawan dengan usaha CIP Janggel, Ida Febriana dengan usaha Honey House dan Abhar Amali dengan usaha Chemistry Milk. Dalam kegiatan ini juga dilombakan KMI Award dan kompetensi pendukung,”  

 

Menurut pendamping tim UNY Hamdhan Djainudin MPd kegiatan ini diikuti lebih dari 3000 mahasiswa dan pendamping. “Dalam kegiatan ini UNY meloloskan 4 tim yaitu Dana Brata dengan usaha Bebek Restorasi, Ade Kurniawan dengan usaha CIP Janggel, Ida Febriana dengan usaha Honey House dan Abhar Amali dengan usaha Chemistry Milk. Dalam kegiatan ini juga dilombakan KMI Award dan kompetensi pendukung,” tuturnya.

 

Ade Kurniawan mengatakan usahanya CIP Janggel didasari keprihatinan karena banyak limbah tongkol jagung yang tidak dimanfaatkan. Mahasiswa prodi pendidikan seni kriya Fakultas Bahasa dan Seni UNY tersebut mengolah tongkol jagung menjadi produk kerajinan berkelanjutan (sustainable), ramah lingkungan (eco-friendly), eco green dan zero waste, dengan harapan dapat menginspirasi daerah lain.

 

Baca Juga ; Pendataan Burung Kampus Bersama KPB Bionic UNY  

 

Sedangkan Dana Brata memilih usaha restorasi motor retro karena melihat bahwa pangsa pasar kendaraan hobby ini masih cukup tinggi. Mahasiswa prodi pendidikan teknik manufaktur Fakultas Teknik UNY angkatan 2021 tersebut mengonsentrasikan diri untuk membuka bengkel khusus restorasi Honda Astrea Series, mulai dari Astrea 800, Astrea Star, Astrea Prima hingga Astrea Grand dan Legenda. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

UNY Berpartisipasi Dalam Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia Expo 2022  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: