Kalahlan Vietnam 3 – 2, Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-20 Uzbekistan  

Kalahlan Vietnam 3 – 2, Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-20 Uzbekistan
Kalahlan Vietnam 3 – 2, Indonesia Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-20 Uzbekistan 

Siarpedia.com, Jakarta – Timnas Indonesia U-20 secara dramatis lolos otomastis ke putaran final Piala Asia U-20, yang dihelat di Uzbekistan, tahun depan. Kepastian itu didapat setelah tim asuhan Shin Tae-yong ini, mengalahkan Timnas Vietnam U-20, dalam laga sengit di penentuan juara Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Minggu, 18 September 2022, dengan skor 3-2..

 

Kelima gol yang terjadi pada laga tersebut tercipta pada babak kedua, setelah 45 menit babak pertama berakhir dengan 0 – 0. Indonesia banyak menciptakan peluang di babak pertama, namun tidak satu pun yang dapat dikonfersi menjadi gol. Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia U-20 pun mengunci status juara Grup F, dengan raihan poin sempurna 9, dari tiga pertandingan. Sedangkan Vietnam ada di posisi kedua dengan poin 6.

 

Laga belum lima menit, Timnas Indonesia sudah mendapat peluang bagus secara beruntun. Sayang, Ronaldo Kwateh dan Hokky Caraka kurang tenang di depan gawang Vietnam. Serangan Indonesia masih terbentur rapatnya pertahanan Vietnam. Meski lebih banyak bertahan, serangan tim tamu juga berbahaya. Babak pertama tak ada gol. Babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan Marselino Ferdinan dan menarik keluar Ronaldo Kwateh.

 

Menit 60, kebuntuan Indonesia pecah setelah Marselino mencetak gol dari luar kotak penalti. Sepakan dari tepi kotak 16 menghujam sisi kanan gawang Vietnam. Vietnam membalas hanya enam menit setelah gol Marselino. Dari serangan balik, Ferarri justru melakukan gol bunuh diri. Tiga menit berselang, Vietnam berbalik unggul 2-1 atas Indonesia. Lagi-lagi lewat counter-attack cepat, gol dibukukan gelandang eksplosif Vietnam Dinh Xuan Tien.

 

Baca Juga FIFA Resmi Merilis Maskot Piala Dunia U-20 2023 Indonesia

 

Tetapi menit 81, Ferarri membayar lunas kesalahannya, dengan mencetak gol yang membuat Indonesia menyamakan skor 2-2. Setelah gol ini, Indonesia semakin tersengat. Menit 84, aksi Alfriyanto Nico dari sisi kanan berhasil dimanfaatkan Rabbani Tasnim untuk mengubah kedudukan menjadi 3-2. Hingga laga rampung, skor 3-2 untuk keunggulan Indonesia tetap bertahan. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: