Dosen UMBY Dampingi Warga Tiwir Buat Bubuk Instan Empon-Empon  

Dosen UMBY Dampingi Warga Tiwir Buat Bubuk Instan Empon-Empon  
Dosen UMBY Dampingi Warga Tiwir Buat Bubuk Instan Empon-Empon 

Siarpedia.com, Sleman – Sering kali menjumpai empon-empon tumbuh liar di pekarangan. Seperti temulawak, kunir, laos, kencur ataupun jahe. Dibalik tumbuh liarnya empon-empon dapat diolah menjadi olahan kaya manfaat. Berangkat dari tersebut, tim dosen pengabdian kepada masyarakat (PkM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menggandeng warga dan kelompok tani Dusun Tiwir Sumbersari Moyudan untuk mengolah rimpang.

 

Tim PkM UMBY ini terdiri dari Ir Warmanti Mildaryani MP dari program studi Agroteknologi dan Prof Dr Ir Dwiyati Pijimulyani MP dari program studi Teknologi Hasil Pertanian. Pada kesempatan tersebut, para dosen UMBY memberikan pelatihan pengolahan empon-empon, khususnya temu mangga atau biasa disebut kunir putih dan temulawak, Sabtu, 27/08/2022.

 

Sebelum memberikan pelatihan, tim PkM UMBY mengenalkan manfaat dari kunir putih dan temulawak kepada warga Dusun Tiwir. Selanjutnya, tim memberikan pelatihan cara pembuatan bubuk minuman instan dari kunir putih dan temulawak. Dwiyati menuturkan bahwa empon-empon yang masih dalam bentuk rimpang dijual tentu harganya rendah, tetapi apabila diolah seperti menjadi bubuk minuman instan tentu harganya lebih tinggi.

 

Baca Juga ; PkM FTI UMBY Adakan Workshop Aplikasi  di TK ABA se-Banguntapan Utara

 

Tidak hanya dari faktor ekonomi, faktor kesehatan pun lebih meningkat karena empon-empon ini kaya manfaat bagi tubuh. Seperti ketika wabah pandemi covid-19 merebak, konsumsi empon-empon termasuk kunir putih sangat membantu, khususnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang virus tersebut. Hal tersebut disebabkan olahan kunir putih yang mengandung antioksidan.

 

Pelatihan membuat bubuk minuman instan merupakan hal baru bagi warga dan kelompok tani Tiwir. Harapan kami dengan bantuan dari UMBY ini mendorong warga untuk langsung terjun memproduksi bubuk minuman instan dan menjualnya di pasaran,”

 

Disamping mengadakan pelatihan, tim PkM UMBY juga menyerahkan bantuan peralatan pengolahan bubuk minuman instan. “Pelatihan membuat bubuk minuman instan merupakan hal baru bagi warga dan kelompok tani Tiwir. Harapan kami dengan bantuan dari UMBY ini mendorong warga untuk langsung terjun memproduksi bubuk minuman instan dan menjualnya di pasaran,” tambah Kepala Dusun Tiwir Harsana mengungkapkan. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Dosen UMBY Dampingi Warga Tiwir Buat Bubuk Instan Empon-Empon  

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: