KKN UMBY Bangun Pojok Baca di SD N 1 Pakis

KKN UMBY Bangun Pojok Baca di SD N 1 Pakis
KKN UMBY Bangun Pojok Baca di SD N 1 Pakis

Siarpedia.com, Yogyakarta – Kelompok 24 tim Kuliah Kerja Nyata Program Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) bekerja sama dengan SD Negeri 1 Pakis mengadakan program “Pojok Baca” dalam rangka menumbuhkan minat baca pada anak. Kegiatan ini dilaksanakan di Dusun Pakis Tengah, Pakis, Magelang. Rabu, 17/8/2022.

 

Simon Efran Hutabarat, selaku ketua KKN 24 sekaligus Penanggung Jawab (PJ) kegiatan pojok baca, menjelaskan pandemi Covid-19 berdampak pada bidang pendidikan yang mengharuskan sekolah menjalankan kegiatan belajar secara online. Hal tersebut berpengaruh terhadap menurunnya semangat belajar pada anak, yang juga mengakibatkan minat baca pada anak ikut menurun.

 

Padahal, membaca memiliki segudang manfaat bagi anak untuk meningkatkan kemampuan berfikir dan menganalisis, mengembangkan pola pikir anak, memperluas wawasan dan pengetahuan. “Pojok baca ini nantinya dilaksanakan di semua kelas yang ada di SDN 1 Pakis. Dan tak hanya sekedar rak berisi buku saja, namun pojok baca juga dihias agar lebih menarik dan nyaman sebagai tempat membaca,” jelas Simon.

 

Baca Juga ; Maraknya Pelecehan Seksual Pada anak, KKN 26 UMBY Adakan Sosialisasi

 

KKN 24 juga melakukan donasi buku untuk bacaan anak agar lebih banyak ilmu yang bisa didapat. Donasi buku merupakan kegiatan kaya manfaat bagi donatur, maupun penerima. “Donasi buku banyak manfaatnya, selain mengurangi buku tak terpakai (habis dibaca), kita juga dapat berbagi ilmu ke sesama, sehingga tercapai lingkungan masyarakat yang cerdas dan berbudi pekerti luhur,” ungkap Aswar, penanggung jawab kegiatan donasi buku.

 

Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat literasi anak muda di Indonesia, serta menjadi manfaat bagi kita semua. Aamiin,” 

 

Sementara itu, Mutaqin Akbar SKom MT ME., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN 24 UMBY turut mendukung atas dilaksanakannya kegiatan pojok baca dan donasi ini. “Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan semangat literasi anak muda di Indonesia, serta menjadi manfaat bagi kita semua. Aamiin,” ungkap Mutaqin, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Jumat, 19 Agustus 2022. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

KKN UMBY Bangun Pojok Baca di SD N 1 Pakis
Ditag di:            

Tinggalkan Balasan