Berkat KIP Kuliah, Dewi Nabilla Studi Lanjut di UNY

Berkat KIP Kuliah, Dewi Nabilla Studi Lanjut di UNY
Berkat KIP Kuliah, Dewi Nabilla Studi Lanjut di UNY

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pada awalnya sudah ada cita-cita menempuh pendidikan tinggi dengan kuliah, namun karena usaha orang tuanya mengalami kemunduran keinginan itu nyaris dihilangkan. Inilah yang dialami Dewi Nabilla Putri alumni SMAN 10 Yogyakarta. Dewi juga tidak yakin dapat masuk sebagai siswa eligible dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) karena persaingannya ketat.

 

Namun keberuntungan berpihak padanya, Dewi diterima SNMPTN pada Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Anak pasangan Agus Eko Cahyanto dan Fitri Indriyani tersebut juga mendapatkan beasiswa KIP Kuliah. Fitri Indriyani mengatakan awalnya anak sulungnya hampir urung kuliah karena masalah biaya dan akan bekerja di Jakarta. Namun kegigihannya Dewi mencari informasi beasiswa pendidikan tinggi.

 

“Awalnya saya sudah pesimis dengan KIP Kuliah, bahkan sudah diniatkan apabila memang tidak mendapat beasiswa akan disambi kerja,” 

 

Pada awalnya Dewi diterima di UNY melalui jalur SNMPTN dengan tidak memiliki KIP Kuliah dan mendapatkan UKT I sebesar Rp 500.000. Dewi mendaftarkan KIP Kuliah susulan setelah membayar UKT yang didapatkannya. “Awalnya saya sudah pesimis dengan KIP Kuliah, bahkan sudah diniatkan apabila memang tidak mendapat beasiswa akan disambi kerja,” kata Dewi.

 

Gadis kelahiran Bekasi 11 Juni 2003 tersebut memilih Prodi BK karena menyukainya. Semula Dewi tidak mengira akan diterima karena dari sekolahnya dulu belum pernah ada yang diterima pada program studi ini di jalur SNMPTN. Apalagi dia juga lintas jurusan dari IPA ke IPS. Fitri Indriyani menambahkan Dewi sebenarnya pandai di bidang matematika dan menyarankan masuk pada program studi tersebut.

 

Baca Juga ; Di SMK Ma’arif 1 Temon, Dosen UMBY Turut Review dan Revisi KTSP dengan DUDI

 

Menurutnya saat SMA Dewi mendapatkan ranking pertama di kelasnya dimana terdapat 4 kelas IPA dan 2 kelas IPS. “Dewi ini berpikirnya santai namun serius dengan menetapkan pilihannya pada program studi bimbingan konseling” kata Fitri Indriyati. Harapannya dengan beasiswa KIP Kuliah yang didapatkannya Dewi dapat menyelesaikan kuliahnya dan mendapat nilai baik. Pada saat ini Dewi berhasil meraih indeks prestasi 3,73. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Berkat KIP Kuliah, Dewi Nabilla Studi Lanjut di UNY

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: