Oleh-Oleh Makanan Istimewa di Yogyakarta, Berikut Daftarnya  

Oleh-Oleh Makanan Istimewa di Yogyakarta, Satu jenis oleh-oleh bakpia
Oleh-Oleh Makanan Istimewa di Yogyakarta, Satu jenis oleh-oleh bakpia

Siarpedia.com, Yogyakarta – Yogyakarta sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia memang tak perlu diragukan lagi eksotismenya. Tak hanya keindahan alam dan budaya, Yogyakarta juga istimewa karena didukung banyak fasilitas wisata memadai. Banyak hotel murah di Yogyakarta yang berada di lokasi strategis, sehingga mudah diakses wisatawan.

 

Apalagi di zaman serba digital yang lebih memudahkan dan mengefisienkan waktu maupun biaya, wisatawan langsung bisa mengakses destinasi yang diinginkan. Kini, wisatawan dapat melakukan reservasi hotel secara mudah melalui website atau aplikasi. Layanan sistem pun siap membantu wisatawan menemukan hotel terbaik sesuai bujet dan kebutuhan, termasuk hotel dekat Malioboro  yang merupakan destinasi terfavorit di Yogyakarta.

 

Baca JugaBakpia Yogya, Ini Sejarah Singkatnya

 

Lalu apa saja buah tangan atau oleh-oleh istimewa yang siap diserbu pelancong di kota pelajar ini. Berikut ini beberapa oleh-oleh makanan khas atau kuliner favorit Yogyakarta yang tak boleh dilewatkan begitu saja yang siarpedia.com rangkum dari berbagai sumber:.

 

Bakpia

Membahas tentang oleh-oleh makanan khas Yogyakarta tentu belum lengkap tanpa menyebut bakpia. Penganan manis ini memang menjadi salah satu icon Kota Yogyakarta. Bakpia adalah camilan yang terbuat dari olahan tepung terigu dengan aneka isian bercita rasa manis. Dahulu, bahan isian bakpia hanya terdiri dari kacang hijau. Namun kini pilihan isinnya lebih bervariasi, seperti cokelat, ubi ungu, keju, dan durian.

 

Jadah Tempe

Ke Yogyakarta bagi penyuka tahu dan tempe tidak boleh melewatkan momen liburan tanpa membawa pulang oleh-oleh berupa jadah tempe. Hidangan khas Kaliurang ini terbilang sederhana tetapi nikmat disantap bersama sajian teh atau kopi hangat. Jadah tempe terdiri dari tempe dan tahu bacem yang dimasak dengan beragam rempah-rempah kemudian disajikan dengan ketan kukus yang sudah dihaluskan (disebut jadah atau uli).

 

Tiwul

Tiwul adalah olahan singkong yang dijemur hingga kering (disebut gaplek). Singkong yang telah menjadi gaplek ditumbuk halus kemudian dikukus hingga matang. Sajian tiwul dapat disantap bersama sayur dan lauk pauk. Namun, saat ini tiwul populer sebagai oleh-oleh bercita rasa manis. Tiwul yang disajikan sebagai camilan dilengkapi hidangan lainnya seperti ketan hitam kukus, jagung rebus, siraman saus gula merah dan kelapa parut kukus.

.

Salak Pondoh  

Satu jenis oleh-oleh lagi yang tak boleh terlewatkan saat wisatawan berada di Yogyakarta adalah Salak Pondoh. Salak Pondoh khas Sleman merupakan salah satu oleh-oleh unggulan karena harganya terjangkau dan rasanya sangat manis. Salak Pondoh untuk oleh-oleh harus dikemas di wadah yang sirkulasi udaranya lancar supaya tidak busuk ketika tiba di tempat tujuan. (*)

 

(tim siarpedia.com)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: