Digitalisasi UMKM, Mahasiswa UMBY Beri Pelatihan Foto Produk  

Digitalisasi UMKM, Mahasiswa UMBY Beri Pelatihan Foto Produk
Digitalisasi UMKM, Mahasiswa UMBY Beri Pelatihan Foto Produk 

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pandemi bukan halangan untuk terus berusaha membantu sesama. Inilah yang membuat Ridho Pramono, seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi asal Yogyakarta, membagikan ilmu yang dimilikinya melalui pelatihan foto produk gratis yang dikemasnya dalam bentuk video tutorial, dan diunggah melalui platform berbagi video YouTube pada Selasa, 22/02/2022.

 

Dari rumah, ia membuat video tutorial ini untuk membantu Berkah Bibit, sebuah usaha pembibitan cabai yang dikelola oleh masyarakat Dusun Jurang, Windusari, Jawa Tengah. Ia, yang tergabung dalam kelompok 15 KKN PPM UMBY memiliki misi untuk melakukan digitalisasi dusun, salah satunya adalah dengan digitalisasi UMKM. Proses pembuatan video ini harus ia lakukan dari rumah lantaran terkendala situasi pandemi yang tak kunjung usai.

 

Baca Juga ; KKN UMBY Beri Pembekalan Bahasa Inggris Dasar di Gempol

 

“Saya dan kawan-kawan akhirnya sepakat untuk membuat video tutorial ini sebagai langkah awal digitalisasi UMKM yang kami lakukan, juga sebagai langkah untuk menyikapi situasi pandemic,” ungkapnya, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Selasa, 8 Maret 2022. Video tutorial foto bibit tanaman ini dapat dilihat secara lengkap pada channel YouTube Untuk Jurang.

 

“Saya sangat berterimakasih atas usaha yang diberikan Mas Ridho dan teman-teman KKN dalam membantu memajukan bisnis saya, video yang diberikan mudah untuk saya pelajari, dan ini sangat bermanfaat bagi saya,” 

 

Muhammad Sukron, selaku pemilik Berkah Bibit, mengaku senang dan berterima kasih atas video tutorial yang diberikan mahasiswa UMBY. “Saya sangat berterimakasih atas usaha yang diberikan Mas Ridho dan teman-teman KKN dalam membantu memajukan bisnis saya, video yang diberikan mudah untuk saya pelajari, dan ini sangat bermanfaat bagi saya,” ucapnya.

 

Dalam videonya, Ridho yang juga merupakan mahasiswa broadcasting ini memberikan langkah bagaimana menghasilkan foto produk yang menarik, mulai dari cara mengatur posisi bibit tanaman, bagaimana cara membuat set foto yang menarik, mengatur fokus kamera, serta tips untuk mengatur pencahayaan guna menghindari backlight. Pelatihan foto produk gratis yang dikemasnya dalam bentuk video tutorial dan diunggah melalui platform video. (*)

 

Digitalisasi UMKM, Mahasiswa UMBY Beri Pelatihan Foto Produk  
Ditag di:            

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: