pelatihan sistem pertanian terpadu sistem akuaponik “BUDIKDAMBER”
pelatihan sistem pertanian terpadu sistem akuaponik “BUDIKDAMBER”

Siarpedia.com, Bantul – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 85 menyelenggarakan program kerja pelatihan sistem pertanian terpadu sistem akuaponik “BUDIKDAMBER” atau budidaya ikan dalam ember, Minggu (08/08/21). Kegiatan program kerja KKN UMBY kelompok 85 tersebut dilaksanakan di pendopo kepala Pedukuhan Tanjung, Bangunharjo Sewon.

 

Penanggungjawab kegiatan Siti Nurjanah mengatakan, kegiatan program kerja KKN UMBY kelompok 85 tersebut pelatihan sistem pertanian terpadu sistem akuaponik “BUDIKDAMBER” ini dihadiri oleh 5 peserta, yang terdiri atas perwakilan pemuda karang taruna dan perwakilan relawan covid-19 Pedukuhan Tanjung. Kegiatan program kerja KKN UMBY kelompok 85 dilakukan sebagai upaya peningkatan produktivitas pertanian untuk mendukung ketahanan pangan di masa pandemi covid-19.

 

Menyikapi kondisi pandemi covid-19, jumlah peserta dalam kegiatan ini dibatasi, dengan harapan peserta yang hadir dapat melanjutkan informasi kepada masyarakat di Pedukuhan Tanjung. Kegiatan diawali dengan penyuluhan tentang pertanian sitem akuaponik dan cara budidaya ikan lele dan tanaman kangkung dalam satu wadah yang sama, kemudian dilanjutkan praktik langsung budidaya pertanian sistem akuaponik “BUDIKDAMBER.

 

“Pelatihan sistem pertanian terpadu sistem akuaponik “BUDIKDAMBER” atau budidaya ikan dalam ember ini program kerja KKN UMBY kelompok 85, juga merupakan salah satu bentuk pengenalan pertanian modern yang sederhana kepada generasi muda. Dengan adanya kegiatan tersebut, harapannya mampu meningkatkan minat generasi muda dalam bertani,” ujar Siti Nurjanah, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Senin, 16 Agustus 2021.

 

“Kegiatan pelatihan sistem pertanian terpadu sistem akuaponik “BUDIKDAMBER” atau budidaya ikan dalam ember ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan manfaat yang berkelanjutan kepada masyarakat di Pedukuhan Tanjung,”

 

Disampaikan pula, program kerja pelatihan sistem pertanian terpadu sistem akuaponik “BUDIKDAMBER” atau budidaya ikan dalam ember tersebut sebagai bentuk upaya untuk mendukung ketahanan pangan keluarga, terutama di masa pandemi covd-19. “Kegiatan pelatihan sistem pertanian terpadu sistem akuaponik “BUDIKDAMBER” atau budidaya ikan dalam ember ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan manfaat yang berkelanjutan kepada masyarakat di Pedukuhan Tanjung,” kata Siti Nurjanah.. (*)

 

KKN UMBY 85 Berikan Pelatihan BUDIKDAMBER

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *