daging sapi
daging sapi

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pemerintah melalui Kementrian Agama RI telah memutuskan Hari Raya Idul Adha 1442 H jatuh pada 20 Juli 2021. Sebagaimana yang diketahui, salah satu agenda yang tidak bisa dilepaskan dari hari besar tersebut adalah ibadah kurban. Perayaan Idul Adha biasanya diiringi dengan hidangan daging sapi atau kambing yang diperoleh dari hasil berkurban..

 

Entah itu daging kambing atau sapi. Kadang, jumlahnya banyak, sehingga kebingungan untuk memasak semua. Sedangkan mungkin Anda ingin memasak daging tersebut di kemudian hari. Tentunya dengan menu yang berbeda dengan hari ini. Tips menyimpan daging kurban agar awet dan tidak gampang busuk.. Nah, berikut ini tips menyimpan daging kurban agar awet dan tidak gampang busuk yang siarpedia.com rangkum dari berbagai sumber

 

  1. Sebelum menyimpannya, jangan mencuci daging kurban. Jika mencuci pakai air kran, kuman-kuman bisa masuk dan tinggal di dalam pori-pori daging. Itu bisa merusak kualitas daging. Mencucinya besok saja kalo pas mau masak lagi.

 

  1. Jika mendapat daging banyak, jangan menyimpan daging utuh 2-4 kg di dalam freezer. Cara yang benar, potong-potong daging berukuran lebih kecil, lalu simpan di dalam plastik-plastik berukuran 1/2 kg atau 1 kg. Jika mau memasaknya, ambil satu kantong kecil, biarkan yang lain tetap beku di dalam freezer. Asal tahu saja, daging dalam keadaan beku dapat disimpan lebih dari 1 tahun.

 

  1. Sebelum menyimpan di-freezer, simpan daging (mampir dulu) di dalam kulkas yang sejuk selama 4-5 jam. Setelah dingin, baru memasukkannya ke dalam freezer.

 

  1. Jika mau memasak daging beku, jangan mencairkan es daging atau daging beku menggunakan air panas. Cara yang benar adalah, letakkan daging beku tersebut di bawah air kran suhu normal (dalam keadaan daging masih terbungkus rapat dalam plastik). Setelah daging kembali empuk, buka plastik, cuci daging hingga bersih, tiriskan, lalu siap dimasak.

 

  1. Tips tambahan, jangan memakai kresek warna hitam karena tas kresek hitam itu adalah hasil daur ulang. Tas kresek daur ulang warna hitam mengandung karsinogen yang dapat memicu sel kanker. Pakailah kresek putih atau plastik bening.

 

Demikian tips menyimpan daging kurban agar awet dan tidak gampang busuk. Daging yang Anda simpan dapat Anda masak kapan-kapan. Anda dapat mengolahnya menjadi kuliner yang lezat sesuai keinginan. Semoga bermanfaat dan selamat merayakan Hari Raya Iduladha. (*)

 

Begini Cara Menyimpan Daging Kurban Agar Awet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *