Foto bersama
Foto bersama

Siarpedia.com, Yogyakarta – Orangtua sebagai pemimpin keluarga mempunyai peran sentral dalam perkembangan IT, khususnya dalam pengawasan anak untuk manfaat menguasai teknologi berbasis internet. Pengawasan orang tua terhadap anak perlu dilakukan karena ditakutkan menjadi bumerang tersendiri terhadap orangtua jika anak tidak serta merta diawasi.

 

”Misal anak diberikan smartphone untuk bermain hanya pada hari Sabtu-Minggu, jika sudah waktunya berakhir orangtua mengambil dan menyimpan smartphone tersebut, ”

 

Menurut Bimo Laksono Mahardika, mahasiswa program studi Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum Fakultas Ilmu Sosial UNY, cara mengawasi anak dalam menggunakan smartphone diantaranya menentukan waktu dan Intensitas pemakaiannya. ”Misal anak diberikan smartphone untuk bermain hanya pada hari Sabtu-Minggu, jika sudah waktunya berakhir orangtua mengambil dan menyimpan smartphone tersebut, ” katanya, Rabu, 14 Juli 2021.

 

Selain itu, gunakan aplikasi yang mendukung tumbuh kembang anak sesuai umur, misalnya Youtube for Kids untuk menonton video, Duolinggo untuk belajar bahasa dan Quick Maths untuk belajar numerasi. Hal ini disampaikan Bimo Laksono Mahardika dan Aji Nur Wijaksono, mahasiswa Pendidikan Fisika Fakultas MIPA UNY tersebut pada kegiatan Dharma Wanita Gugus Pattimura Kecamatan Ambal di SD Negeri Sidorejo Kebumen..

 

Kedua mahasiswa program Kampus Mengajar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi tersebut menyampaikan materi tentang pentingnya menguasai teknologi informasi dan peran orang tua dalam era Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri adalah suatu keadaan yang dapat mempengaruhi sebagian atau seluruh aspek kehidupan yang ditimbulkan oleh adanya perubahan global…

 

Salah seorang peserta pelatihan, Badriyah mengapresiasi penyampaian materi yang dibawakan oleh mahasiswa UNY tersebut karena sangat sesuai dengan kondisi sekarang dan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi Dharma Wanita dengan dua peran yang disandang oleh Dharma Wanita itu sendiri. Badriyah berharap agar ke depannya Dharma Wanita Gugus Pattimura mengadakan pelatihan TIK yang terintegrasi dengan KKG. (*).

 

Orangtua Perlu Awasi Anak Dalam Menggunakan Smartphone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *