Jajanan gandos
Jajanan gandos

Siarpedia.com, Yogyakarta – Gandos merupakan jajanan kue khas yang dapat ditemukan di sebagian daerah Pulau Jawa, tidak terkecuali dengan di Yogyakarta. Jajanan gandos dibuat atau dimasak dengan cetakan loyang menggunakan api di bawahnya, ditata agar adonan dapat masuk dalam loyang secara merata. Gandos sendiri ada yang menyebutnya dengan kue rangin ataupun kue pancong.

 

Dengan bentuk melengkung, mempunyai ketebalan sekitar 2 (dua) centi meter. Sedangkan pada bagian dalam kue berwarna putih, namun pada permukaan kulitnya berona warna coklat. Gandos sendiri terbuat dari adonan tepung beras dicampur vanili dan santan kelapa ditambah garam, serta gula secukupnya, akan tetapi pengaruh garam membuat dominasi rasa gurih jajanan tradisional ini menjadi rasa khas yang diminati sebagian masyarakat..

 

Bagi penyuka rasa manis biasanya cukup meminta sedikit taburan gula pasir di permukaanya. Rasa gandos cukup gurih dan nikmat yang memberikan nuansa nostalgia pada cita rasa kue tradisional. Dikutip berbagai sumber, orang Surabaya menamakan gandos dengan Rangin, orang Jakarta mengistilahkan kue Pancong, orang Bandung menyebutnya Bandros, orang Bojonegoro mengatakan Tratak jaran dan orang Bali memberi nama Daluman.

 

Saat ditemui, seorang penjual jajanan kue gandos Muhidin sedang bersiap menuangkan adonan kuenya ke dalam loyang cetakan gandos yang sudah panas. Satu per satu cetakan pun dipenuhinya dengan adonan hingga seluruh cetakan berjumlah 20 tersebut penuh adonan. Usai penuh, adonan pun ditutup supaya cepat matang. Cetakan tersebut seperti cetakan kue pukis, namun memiliki ukuran sedikit lebih kecil.

 

“Jika dirasa adonan habis, tinggal membuat adonan gandos lagi. Adonan kue gandos tergolong mudah, “ 

 

Muhidin mengungkapkan, kendala seperti jika tidak segera dimasak adonan jajanan kue gandos yang telah disiapkan akan kecut atau basi. Ia berjualan dan menjajakan jualannya dengan berkeliling menggunakan gerobak. Muhidin tak bisa memastikan berapa kilo adonan dalam sehari yang ia habiskan. “Jika dirasa adonan habis, tinggal membuat adonan gandos lagi. Adonan  kue gandos tergolong mudah, “ jelasnya (*)

 

Gurih Manis Jajanan Kue Gandos
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *