Foto bersama
Foto bersama

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pandemic Covid-19 memberikan dampak besar bagi keberlangsungan bisnis UMKM. Salah satunya adalah penurunan penjualan yang signifikan, bahkan tidak sedikit pelaku usaha yang gulung tikar ataupun menutup usahanya untuk sementara waktu. Guna membangkitkan UMKM, maka perlu adanya dukungan dari sejumlah pihak, salah satunya adalah Perguruan Tinggi.

 

Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), melalui program pengabdian kepada masyarakat melakukan pendampingan kepada sejumlah pengrajin di Dusun Gamplong, Sumberrahayu, Moyudan, Sleman. Pendampingan tersebut ditujukan untuk mendorong pengrajin dalam melakukan inovasi produk baik melalaui pengembangan produk baru maupun inovasi kemasan.

 

“Inovasi tersebut memanfaatkan material yang sudah tersedia untuk dikembangkan menjadi produk baru yang sebelumnya belum diproduksi oleh pengrajin,” 

 

Dr Audita Nuvriasari SE MM, Ketua Tim Pengabdian, menuturkan salah satu mitra pendampingan adalah UMKM Sriti Production, yang memproduksi aneka kerajinan berbahan lurik dan souvenir berbahan pasir. “Inovasi tersebut memanfaatkan material yang sudah tersedia untuk dikembangkan menjadi produk baru yang sebelumnya belum diproduksi oleh pengrajin,” tutur Audita Nuvriasari…

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 30 Juni 2021, Audita Nuvriasari mengatakan, new normal stuff yang dikembangkan di Sriti Production berupa produk sajadah lipat berbahan lurik yang praktis untuk dibawa. Mengingat masa pandemi menuntut setiap orang dalam beribadah untuk menggunakan perlengkapannya sendiri.

 

Arif Triyanta, Pemilik Usaha Sriti Production menyampaikan, adanya pendampingan UMBY ini membantu usahanya semakin produktif. New normal stuff yang diproduksi, bahkan sudah ada yang memesan. Disamping itu, inovasi kemasan dengan mendesain kerajinan box pasir menjadi tempat hantaran hampers yang berisi aneka produk kerajinan lurik mendapatkan respon luar biasa dari konsumen, melalui banyaknya pesanan yang masuk. (*)

 

Manajemen UMBY Dampingi Pengrajin Lurik Untuk Inovasi Produk
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *