vaksinasi Covid-19
vaksinasi Covid-19, Ilustrasi, 

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pemda DIY sudah merencanakan vaksinasi Covid-19 pada anak-anak usia 12 hingga 17 tahun. Namun, jadwal pelaksanaan imunisasinya masih menunggu pendistribusian vaksin tersebut dari pusat. Di DIY, kategori anak berusia 12-17 tahun ada sekitar 339 ribu orang. Jumlah ini yang mungkin menjadi perhatian dari pemerintah pusat.

 

“Kita sudah merencanakan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 12 hingga 17 tahun, tetapi kan masalahnya vaksinnya belum datang yang rencananya dari pusat memang mau menggunakan vaksin Sinovac,” 

 

“Kita sudah merencanakan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 12 hingga 17 tahun, tetapi kan masalahnya vaksinnya belum datang yang rencananya dari pusat memang mau menggunakan vaksin Sinovac,” kata Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie, Rabu, 30 Juni 2021, seusai rapat akselerasi vaksinasi dari Gedhong Pracimosono, Kompleks Kepatihan..

 

Disampaikan pula, Dinas Kesehatan DIY berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY terkait pelaksanaan imunisasi anak usia 12 hingga 17 tahun untuk institusi pendidikan formal yang lebih mudah. “Meski demikian, vaksin yang akan dipergunakan masih proses didatangkan. Kami juga sudah koordinasi dengan Kepala Disdikpora DIY,” ujar Pembajun..

 

Dikatakan Pembajun, untuk akselerasi vaksin anak-anak, akan diprioritaskan bagi anak-anak dari sektor formal terlebih dulu. Menurutnya, kendala terbesar pemberian vaksin anak-anak adalah mereka yang berada di sektor non-formal. “Kalau yang usia 12-17 tahun dan ada di pendidikan formal, itu lebih mudah karena kita selalu memakai bulan imunisasi. Yang menjadi masalah adalah yang tidak berada di pendidikan formal,” jelas Pembajun..

 

“Kita cobakan dengan yang formal dulu nanti, mana faktor risiko yang lebih besar dulu, lalu kita tindaklanjuti,” urainya. Ia berharap, adanya sinergi dari OPD, seperti Dinas Sosial akan membantu percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi anak-anak dari sektor nonformal. Misalnya Dinas Sosial (DIY) bisa mengumpulkan anak-anak itu, misal yang dari panti, atau dari jalan, yang mungkin lebih sulit. (*)

 

DIY Siap Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak-anak
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *