Screanshot acara
Screanshot acara 

Siarpedia.com, Yogyakarta – Masalah keuangan tidak bisa ditentukan oleh umur, karena masalah keuangan ini unik dan dinamis. Setiap orang pasti mengalami masalah keuangan, namun tingkatannya yang berbeda-beda. Terlepas dari apa masalah keuangan yang dialami, perlu disadari dan paling penting adalah bagaimana struggle/berjuang dalam menerima keadaan, dan bagaimana mengontrol emosi serta mengendalikan diri.

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Sabtu, 12 Juni 2021, Intan Nisaaul Chusna, Founder & CEO Rumah Harmonis menyampaikan masalah keuangan tentunya berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. “Dimulai dari apa yang kita pikirkan dan cemaskan, kemudian menjadi stress atau depresi akibat memikirkan tanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan finansial,” ungkap Intan di webinar dengan tema Effect of Financial Difficulties on Mental Health.

 

Webinar ini dilaksanakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) secara online melalui aplikasi zoom meeting. Jumat, 11 Juni 2021. Rumah Harmonis merupakan suatu platform konseling dan edukasi tentang kesehatan mental. Webinar ini diikuti oleh 83 peserta meliputi mahasiswa Fakultas Ekonomi UMBY dan Umum..

 

Disampaikan kondisi mental yang tidak baik bisa berdampak buruk juga terhadap kesehatan fisik, pekerjaan, hubungan sosial, bahkan hubungan dengan pasangan. Sesuai dengan tema acara, Intan Nisaaul Chusna sharing mengenai keterkaitan antara kesulitan keuangan dengan kesehatan mental, serta bagaimana caranya agar bisa menyikapi dan menghadapi permasalahan yang ada tersebut..

 

“Ketika kita berhasil melakukannya dan menerima keadaan, serta lebih produktif dan optimal dalam kehidupan, secara tidak langsung, kita sehat finansial. Modal yang dibutuhkan adalah “Your Mindset, Your Plan”, apa yang kita pikirkan mempengaruhi tindakan. Kita perlu mengenali emosi yang hadir dan terima keberadaannya, anggaplah sesuatu yang kita hadapi itu sifatnya temporer, sediakan waktu untuk menyalurkan emosi negative,” 

 

“Ketika kita berhasil melakukannya dan menerima keadaan, serta lebih produktif dan optimal dalam kehidupan, secara tidak langsung, kita sehat finansial. Modal yang dibutuhkan adalah “Your Mindset, Your Plan”, apa yang kita pikirkan mempengaruhi tindakan. Kita perlu mengenali emosi yang hadir dan terima keberadaannya, anggaplah sesuatu yang kita hadapi itu sifatnya temporer, sediakan waktu untuk menyalurkan emosi negative,” imbuh Intan. (*)

 

Masalah Keuangan Berpengaruh pada Kesehatan Mental
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *