Foto bersama
Foto bersama

Siarpedia.com, Yogyakarta – Guru Bimbingan dan Konseling (BK) di sekolah dituntut untuk terus berinovasi dalam memberikan pelayanan sesuai tuntutan zaman. Era pandemi covid-19 semakin mempercepat proses adaptasi tersebut, dimana para guru BK di haruskan memberikan pelayanan pada para siswa dengan serba daring. Penguasaan teknologi informasi yang baik membuat layanan semakin inovatif dan menyenangkan bagi para siswa.

 

Tantangan ini yang dibaca dan direspon oleh MGBK SMP/MTs Kabupaten Sleman. Melalui kolaborasi dengan para dosen Program Studi BK, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), maka terselenggara progam Workshop Pemanfaatan Media Online dalam Layanan Bimbingan dan Konseling dengan Canva dan Bandicam Bagi Guru BK SMP/MTs Se-Kabupaten Sleman.

 

“Diharapkan dalam kegiatan ini, para guru dapat mengenal dan memanfaatkan aplikasi canva dan bandicam guna menunjang layanan BK di masa pandemi yang serba digital,“

 

“Diharapkan dalam kegiatan ini, para guru dapat mengenal dan memanfaatkan aplikasi canva dan bandicam guna menunjang layanan BK di masa pandemi yang serba digital,“ kata Ketua MGBK SMP/MTs Kabupaten Sleman Mulasih SPd. Dikatakan  kegiatan ini berlangsung secara luring yang bertempat di SMP Negeri 2 Ngaglik, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 

Kaprodi BK Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), yang juga sebagai salah satu pembicara, Luky Kurniawan MPd menjelaskan, keunggulan dari canva yang dapat digunakan dalam membuat konten media sosial, banner, leaflet, poster, presentasi dan masih banyak lagi. Tidak hanya menyampaikan materi, juga dijabarkan langkah dalam pengembangan media menggunakan aplikasi Canva, serta mempraktikkan pembuatannya.

 

Sebagaimana disampaikan Widarta SE MM, Kepala Humas UMBY, Selasa, 13 April 2021, pembicara terakhir dalam workshop ini, Dhanang Suwidagdho MPd memaparkan mengenai Bandicam seperti fitur-fitur, dan keunggulannya dalam membuat media pembelajaran berbentuk video yang menarik. Dhanang juga mempraktikkan tahap-tahap yang harus dilaksanakan dalam membuat video layanan BK yang kemudian diikuti oleh para peserta workshop. (*)

 

Guru BK  Dituntut Untuk Terus Berinovasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *