Foto bersama
Foto bersama

Siarpedia.com, Yogyakarta – Mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengikuti Forum Grup Discussion (FGD) Koperasi Multi Pihak bersama Kementerian Koperasi dan UKM RI. Acara ini diselenggarakan di The Phoenix Hotel Yogyakarta dengan dihadiri peserta baik secara langsung maupun virtual atau online, Rabu, 07 April 2021.

 

Ke 4 mahasiswa perwakilan dari UMBY, yaitu Ahmad Nur Chasannudin, Nixon Redalis Manafe, Roma Nanda Aprina Pardede dan Ld Moh Raziq Sayu Pratama. FGD bertema “Bimbingan teknis penerapan managemen koperasi modern” ini menghadirkan Bagus Rachman SE MEc (Asisten Deputi Pengembangan dan Pembaruan Perkoperasian), Firdaus Putra Hc (Ketua Komite Eksekutif ICCI) dan Untung Tri Basuki (Praktisi Perkoperasian).

 

Acara FGD dibuka oleh kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Yogyakarta, yakni Srie Nurkyatsiwi dan turut mengundang beberapa akademisi dan praktisi seperti pusat studi ekonomi kerayakyatan Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY), KopMa UIN Sunan Kalijaga, dan beberapa peserta baik itu secara langsung maupum virtual.

 

Firdaus Putra memberikan materi tentang sejarah dan cikal bakal koperasi multi pihak. Definisi koperasi multi pihak (KMP) adalah jenis koperasi yang memiliki minimal dua jenis kelompok anggota berbeda, yang berada dalam satu payung untuk mengintegrasikan kepentingan, serta manfaat yang adil dan wajar bagi setiap anggota kelompok berbasis solidaritas, sehingga berkelanjutan secara jangka panjang.

 

Sebagaimana disampaikan Widarta SE MM, Kepala Humas UMBY, Kamis,  08 April 2021, Untung Tri Basuki memberikan pemaparan mengenai aturan hukum, serta regulasi perkoperasian yang selama ini ada di Indonesia, dan masukan untuk pembentukan regulasi koperasi multipihak yang lebih modern dan fleksibel dengan tetap mengutamakan nilai nilai atau asas perkoperasian indonesia secara adil bagi semua anggota koperasi. . (*)

 

Penerapan Managemen Koperasi  Modern
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *