Ft besama sai acaa
foto bersama usai acara

Siarpedia.com, Yogyakarta – Fakultas Agroindustri, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menjadwalkan kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) yang didanai Kemenristekdikti.  Kegiatan ini mengusung tema ‘PKM Jogja Youth Farming Desa Argomulyo untuk Peningkatan Penghasilan Karang Taruna Yodha dengan Cara Pengolahan Empon-empon dan Budidayanya’ dilaksanakan Maret sampai Agustus 2021.

 

Tim PKM yang diketuai Dr Ir Bayu Kanetro MP dengan anggota Prof Dr Ir Dwiyati Pujimulyani MP dan  Dra Umul Aiman MSi. Pengabdian ini melibatkan mahasiswa prodi Teknologi Hasil Pertanian dan Agroteknologi UMBY. Prof Dwiyati Pujimulyani pada pembukaan  dihadiri oleh 20 peserta karang taruna yodha desa Argomulyo, mengharapkan partisipasi aktif anggota karangtaruna Yodha.

 

Diharapkan setelah selesai diklat terus giat memroduksi dan memasarkan biskuit, stik dan roti manis dari empon-empon. Selesai pembukaan, dilanjutkan penyuluhan mengenai budidaya hingga pengolahan bahan rempah. Penyuluhan oleh Umul Aiman mengenai budidaya rimpang-rimpangan. Juga oleh Prof Dwiyati Pujimulyani mengenai manfaat empon-empon, pengolahan pangan fungsional, pengemasan, penyimpanan hingga pemasaran suatu produk.

 

“Pengabdian di hari kedua berjalan lancar, peserta pengabdian antusias melaksanakan praktek  pengolahan pangan fungsional berbahan dasar empon-empon. Pemberian hibah peralatan juga dilakukan guna mendukung adanya kelanjutan PKM ini. Selain itu, agar karang taruna Yodha Desa Argomulyo, Sedayu  memiliki semangat  untuk meningkatkan nilai ekonomi empon-empon di sekitar Desa Argomulyo,”

 

“Pengabdian di hari kedua berjalan lancar, peserta pengabdian antusias melaksanakan praktek  pengolahan pangan fungsional berbahan dasar empon-empon. Pemberian hibah peralatan juga dilakukan guna mendukung adanya kelanjutan PKM ini. Selain itu, agar karang taruna Yodha Desa Argomulyo, Sedayu  memiliki semangat  untuk meningkatkan nilai ekonomi empon-empon di sekitar Desa Argomulyo,” kata Prof Dwiyati Pujimulyani..

 

Sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 24 Mar 2021, Tugiyanto, Ketua Karang Taruna Argomulyo memberikan semangat dan dukungan kepada anggota untuk mengikuti pengabdian ini. Desa Argomulyo memiliki potensi pengembangan budidaya dan pengolahan empon-empon. Besar harapan dari pengabdian ini berupa peningkatan penghasilan karang taruna Desa Argomulyo. (*)

 

PKM UMBY Adakan Diklat Pengolahan Empon-empon
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *