Mahasiswa KKN UMBY melaksanakan program sekolah pasar online bagi pedagang di pasar Sambilegi.
Mahasiswa KKN UMBY melaksanakan program sekolah pasar online bagi pedagang di Pasar Sambilegi.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Masa pandemi covid-19 memunculkan tantangan dan peluang baru bagi para pelaku ekonomi. Menyikapi hal tersebut, sejumlah mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) peserta KKN kelompok 39 dan 40 melanjutkan program Sekolah Pasar Online yang digagas mahasiswa peserta KKN UMBY sebelumnya. Program KKN Sekolah Pasar Online di adakan di Pasar Sambilegi

 

Sekolah pasar online yang digagas pertama kali Kepala LPPM UMBY Awan Santosa SE MSc ini diharapkan mampu meningkatkan literasi pedagang Pasar Sambilegi, sehingga dalam jangka panjang mampu meningkatkan perekonomian pedagang. “Program sekolah pasar online ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan dimasa pandemi,” katanya, sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Jumat, 19 Februari 2021.

 

Dikatakan, karena  pedagang dapat secara mandiri mempromosikan barang dagangan mereka secara online. Selain itu, mahasiswa KKN UMBY juga memberikan edukasi kepada pedagang Pasar Sambilegi dalam menggunakan pembayaran digital (e-money) sebagai upaya untuk memutus penyebaran mata rantai covid-19 karena meminimalisir transaksi menggunakan uang cash.

 

Sedangkan KKN Tematik XXXVIII Kelompok 39 dan 40 mahasiswa UMBY juga membagikan  masker kepada para pedagang. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan dan upaya represif memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Mahasiswa KKN juga mensosialisasikan kepada warga akan pentingnya mengenakan masker di tempat umum untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

 

“Dengan program sekolah pasar online ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan di masa pandemi. Karena pedagang dapat secara mandiri mempromosikan barang dagangan mereka secara online,”

 

Disampaikan progam ini melibatkan peran serta para pedagang, serta pengunjung Pasar Sambilegi untuk bersama-sama menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas di area Pasar. “Dengan program sekolah pasar online ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan di masa pandemi. Karena pedagang dapat secara mandiri mempromosikan barang dagangan mereka secara online,” harapnya.  (*)

 

Pedagang Dikenalkan Pasar Online
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *