Screanshot acara
Screanshot acara

Siarpedia.com, Yogyakarta – Kehidupan dunia berubah, maka dunia pendidikan juga berubah. Agar relevan dengan tantangan dan peluang masa depan, maka dunia pendidikan dituntut mampu menyiapkan manusia yang mempunyai kemampuan belajar, beradaptasi dan berimajinasi. Guru berperan sebagai fasilitator agar siswa bisa sukses dalam kehidupan. Termasuk dikala pandemi yang masih belum berakhir ini. ,

 

Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (HIMATIKA), Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) berkolaborasi dengan Founder Ngajimatematika untuk mengadakan sebuah acara yang menarik, yaitu  seminar dengan tema ‘Membangun Kebiasaan Pembelajar Digital’. Apalagi, ada banyak mahasiswa dan para pengajar yang mulai jenuh dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ) imbas pandemi.

 

Mengapa HIMATIKA UMBY mengambil tema tersebut? Sebab dikala pandemi seperti ini semua pelajar maupun pendidik harus terbiasa dengan pembelajaran yang berjarak, sehingga adanya edukasi yang baik dan tepat dapat membuka wawasan yang lebih. Tidak hanya itu saja, seminar ini bertujuan untuk mengajarkan kepada pelajar lainnya untuk siap menghadapi perkembangan zaman yang semakin modern dan berbasis teknologi.

 

Acara diselenggarakan Sabtu, 12/12/2020 tersebut menghadirkan pembicara yang sangat berkompeten di bidang digital, yaitu Dr Suharno SPd SPdT MPd (Dosen Pendidikan Matematika UMBY) dan Dhika Widayat (Founder Ngajimatematika) @ngajimatematika. “Dari situ kita tahu bahwa peran pelajar dan pendidik sangat berhubungan, jadi seminar ini sangatlah mendukung untuk kita mengerti peran masing-masing,” tutur Suharno.

 

“Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyebaran hoax, yaitu mengerti semua hal yang ada di internet belum tentu benar,”

 

Dhika Widayat (Founder Ngajimatematika) @ngajimatematika menyampaikan ada dua sisi teknologi, yaitu sisi positif dan sisi negatif. Salah satu contoh sisi negatif, yaitu penyebaran hoax. “Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi penyebaran hoax, yaitu mengerti semua hal yang ada di internet belum tentu benar,” kata Dhika seraya mengatakan, seminar ini juga mengajarkan bagaimana cara bersikap dalam menggunakan internet. (*)

 

HIMATIKA UMBY Gelar Seminar Membangun Kebiasaan Pembelajar Digital
Tag pada:                

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *