UMBY Gelar Kuliah Umum ‘Fermentasi Biji Kakao’  

HumanioraEDU NewsLINE
Pohon kakao
Pohon kakao

Siarpedia.com, Bantul – Program Studi (Prodi), Teknologi Hasil Pertanian (THP), Fakultas Agorindustri, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kuliah umum. Tema yang diangkat tentang fermentasi biji kakao dengan narasumber Prof Dr Ir Titiek Farianti Djaafar MP, bagian dari BPTP Yogyakarta. Acara kuliah umum tersebut dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting. Selasa, 29 Desember 2020.

 

“Sebab dengan dilakukan fermentasi, mutu biji kakao yang dihasilkan memiliki mutu yang baik, terutama peningkatan aromanya, serta flavor pada produk coklat nantinya. Dengan demikian, diharapkan juga berimbas pada nilai jual yang bagus,”

 

Dalam paparannya, Prof Titiek Farianti Djaafar menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kualitas biji kakao harus melakukan proses fermentasi.  “Sebab dengan dilakukan fermentasi, mutu biji kakao yang dihasilkan memiliki mutu yang baik, terutama peningkatan aromanya, serta flavor pada produk coklat nantinya. Dengan demikian, diharapkan juga berimbas pada nilai jual yang bagus,” ujarnya.

 

Sedangkan pengampu mata kuliah TP Kopi dan Kakao dari UMBY Dr Ir Siti Tamaroh CM MP menyatakan, kuliah umum ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan mahasiswa. Even ini menjadi agenda rutin yang diselenggarakan THP UMBY. “Kuliah umum kopi dan kakao dilaksanakan secara rutin untuk menambah pengetahuan dan memperdalam ilmu bagi mahasiswa,” ungkapnya sebagaimana disampaikan Kepala Humas UMBY Widarta SE MM.

 

Salah satu dosen THP UMBY Dr Ir Sri Luwihana SU juga antusias mengikuti kuliah umum tersebut. Menurutnya, even ini penting sebagai sarana meningkatkan wawasan mahasiswa, terutama mahasiswa baru. Dengan demikian, mahasiswa semakin bagus kemampuannya terhadap bidang studi yang diminatinya. Apalagi, wawasannya juga semakin berkembang dengan ilmu yang bisa didapat dari kuliah umum tersebut.

 

Menurut Setya, moderator dan mahasiswi yang mengambil mata kuliah tersebut di UMBY mengatakan dengan diadakannya kuliah umum dan mengundang dosen tamu dari luar sangat bermanfaat untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan kakao, khususnya tentang bagaimana cara fermentasi biji kakao yang baik dan benar, untuk meningkatkan mutu dan daya saing kakao yang ada di Indonesia. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *