Mie ayam siap dinikmati selagi hangat.
Mie ayam siap dinikmati selagi hangat.

Siarpedia.com, Yogyakarta – Mie ayam atau bakmi ayam adalah masakan Indonesia yang terbuat dari mie kuning direbus mendidih, kemudian ditaburi saus kecap khusus beserta daging ayam dan sayuran. Menu satu ini cukup populer, utamanya generasi muda yang suka jajan. Sensasi lezat gurih di lidah memanjakan pecinta kuliner mie ayam yang mudah didapat, dari kelas pedagang keliling sampai resto dan warung makan kenamaan.

 

Sebagai salah satu kuliner favorit masyarakat, mie ayam terkadang ditambahi dengan bakso, pangsit, dan jamur. Karena itu, tidak jarang penjual mie ayam, juga menyediakan menu bakso dengan pelengkapnya. Dari sejarahnya, konon masakan mie berasal dari Tiongkok, tetapi mie ayam yang serupa di Indonesia tidak ditemukan di Tiongkok, sehingga mie ayam ini menjadi pembeda dengan kuliner di negara lainnnya.

 

“Cocok disantap saat kuah masih hangat, sehingga mie ayam lebih nikmat dan lezat,”

 

Mie ayam bisa disantap secara langsung, maupun disajikan dengan tambahan bakso, sambal, pangsit, acar, saus tomat, tongcai, cabai rawit, bawang goreng tetap sama nikmatnya. Sedangkan untuk teknik memasak mie ayam dengan cara direbus, dari mulai mie sampai sayur pelengkapnya seperti sawi. “Cocok disantap saat kuah masih hangat, sehingga mie ayam lebih nikmat dan lezat,” ucap Rendi, salah satu penjual mie ayam di Banyuraden Gamping.

 

Mie ayam sendiri terbuat dari mie basah yang diberi irisan daging ayam yang telah diolah lebih dahulu. Kemudian dilengkapi dengan sawi rebus dan irisan daun bawang. Untuk membuat mie ayam ternyata cukup mudah. Begitu populernya kuliner mie ayam, hampir di sejumlah tempat bisa ditemui menu satu ini. Harga yang ditawarkan juga relatif tidak mahal, sehingga pecinta mie ayam juga cukup banyak.

 

Jika melihat penjual mie ayam saat meracik menu, terlihat tidak sulit. Cara membuat  diawali membuat minyak ayam.  Lalu, rebus mie basah selama 8 menit atau sampai empuk. Angkat lalu tiriskan. Rebus sawi sebentar, angkat lalu tiriskan. Masukkan minyak ayam dalam mangkok, masukkan mie yang sudah direbus. Kemudian aduk hingga mie tercampur rata dengan minyak ayam. Tambahkan daging ayam dan kuah ayam, juga sawi rebus. (*)

 

Sensasi Lezat dan Gurih Mie Ayam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *