Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad (K)
Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad (K)

Siarpedia.com, Yogyakarta – Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr dr Terawan Agus Putranto SpRad (K) mengatakan kampus sebagai lingkungan pendidikan bagi generasi muda, juga menjadi tempat berkumpulnya usia produktif berpotensi sebagai agen perubahan. Kondisi demikian bisa berkontribusi melalui berbagai inovasi dalam promosi kesehatan dan pencegahan berbagai penyakit menular maupun tidak menular.

 

“Implementasi kampus sehat sangat diperlukan untuk pembudayaan masyarakat hidup sehat atau germas di kampus, khususnya dalam pencegahan penyakit menular seperti Covid-19,”

 

“Implementasi kampus sehat sangat diperlukan untuk pembudayaan masyarakat hidup sehat atau germas di kampus, khususnya dalam pencegahan penyakit menular seperti Covid-19,” ujar Terawan saat Launching dan Seminar Nasional Kampus Sehat ke-2. Even kali ini bertema ‘Peran Perguruan Tinggi dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Indonesia’ diselenggarakan secara daring, Kamis, 19 November 2020.

 

Dalam kegiatan yang diselenggarakan Dirjen Kemenkes bersama dengan Health Promoting University (HPU) UGM tersebut, Menkes Terawan menegaskan, kebiasaan hidup sehat dapat melindungi warga kampus dari terjangkit Covid-19. Kondisi pandemi Covid-19 saat ini merupakan hal baru, sehingga banyak bermunculan berita hoaks. Oleh sebab itu, diperlukan peningkatan literasi kesehatan agar masyarakat dapat berperilaku hiudp sehat.

 

Ia juga tak lupa mengingatkan warga kampus dan masyarakat untuk tetap patuh dan disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Harapan ke depan seluruh lembaga pendidikan dan perguruan tinggi dapat menjadi kampus sehat dan siaga Covid-19. Pencanangan kampus sehat mampu menguatkan, memotivasi serta mendorong semakin banyak membentuk kampus sehat secara menyeluruh melalui edukasi dan promosi kesehatan.

 

Sebelumnya, Dirjen Dikti Kemendikbud Prof Ir Nizam MSc PhD IPM ASEAN Eng mengatakan untuk dapat menjadikan sumber daya manusia Indonesia unggul dapat dimulai dari mahasiswa sehat. Sementara mewujudkan mahasiswa sehat dimulai dari kampus sehat. Kampus sehat jasmani, mental, spiritual, dan lingkungan, aman, serta nyaman harus diwujudkan untuk melahirkan SDM unggul. (*)

 

Implementasi Kampus Sehat  dan PHBS, Penting  
Tag pada:            

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *