Mahasiswa Psikologi UMBY Juara Favorit Lomba Esai Tingkat Nasional

Pengumuman pemenang
Pengumuman pemenang lomba

Siarpedia.com, Bantul – Mahasiswa Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY),  Ahmad Samiono berhasil menjadi juara favorit lomba esai tingkat nasional yang diadakan oleh BEM Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) di Purwokerto Jawa Tengah. Tema acara “Rekayasa Pembangunan Berkelanjutan Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs)”.

 

“Lomba ini diadakan dalam rangka Lombai Esai Nasional yang diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia dengan jumlah 43 peserta dari 26 institusi yang berbeda. Lomba ini diselenggarakan mulai tanggal 20 Agustus – 21 Oktober 2020 secara daring,”

 

“Lomba ini diadakan dalam rangka Lombai Esai Nasional yang diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia dengan jumlah 43 peserta dari 26 institusi yang berbeda. Lomba ini diselenggarakan mulai tanggal 20 Agustus – 21 Oktober 2020 secara daring,” ungkap Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Rabu, 11 November 2020. Diharapkan keberhasilan ini dapat memacu mahasiswa lainnya agar lebih mengembangkan bakat dan minatnya lebih baik.

 

Dijelaskan, esai yang ditulis oleh Samiono mengusung strategi COFIT (Classroom rules, Film and Teacher Care) ini bertujuan untuk mencegah tindakan bullying atau perundungan yang masih terjadi di kalangan siswa sekolah menengah. Dalam strategi COFIT, sekolah diharap tidak hanya memprioritaskan kegiatan akademis siswa, namun juga dapat lebih memperhatikan perkembangan mental para siswa.

 

Esai Ahmad Samiono tersebut juga membahas bagaimana mencapai tujuan SDGs untuk membangun dan meningkatkan mutu fasilitas pendidikan yang sensitif terhadap gender, anak dan disabilitas dan menyediakan lingkungan belajar yang aman, tanpa kekerasan dan efektif bagi semua siswa. Menurutnya, bahwa sekolah dapat menjadi agen utama pencegahan tindakan bullying secara komprehensif dengan melibatkan peran dan kerja sama antara pihak.

 

Menurut Dekan Fakultas Psikologi UMBY Reni Yuniasanti SPsi MPsi Psikolog kegiatan penulisan akademis ini dapat menjadi bekal bagi para mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan soft skills dan hard skills. Karena dengan kemampuan menulis merupakan salah satu kemampuan pokok yang perlu dimiliki oleh mahasiswa di dunia kerja, selain kemampuan secara akademis.  (*)

 

Mahasiswa Psikologi UMBY Juara Favorit Lomba Esai Tingkat Nasional
Ditag di:                    

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: