Psikologi UMBY dan YAKKUM Jalin Kerjasama  

Proses penandatangan kerjasama
Berfoto bersama usai proses penandatanganan kerjasama

Siarpedia.com, Bantul – Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta untuk Program Layanan Psikologi Komunitas.  Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan oleh Dekan Fakultas Psikologi UMBY Reny Yuniasanti MPsi Psikolog dengan Direktur Pusat Rehabilitasi YAKKUM, Chatarina Sari SE.

 

“Kerjasama ini sebagai perwujudan komitmen pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan MoU pada 22/09/2020 itu juga dihadiri Wakil Dekan Fakultas Psikologi, Kepala Biro Layanan Psikologi  Fakultas Psikologi UMBY, serta Manajer Proyek Kesehatan Jiwa Siswaningtyas Tri Nugroho SSos yang mewakili Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta,”

 

“Kerjasama ini sebagai perwujudan komitmen pengabdian kepada masyarakat. Penandatanganan MoU pada 22/09/2020 itu juga dihadiri Wakil Dekan Fakultas Psikologi, Kepala Biro Layanan Psikologi  Fakultas Psikologi UMBY, serta Manajer Proyek Kesehatan Jiwa Siswaningtyas Tri Nugroho SSos yang mewakili Pusat Rehabilitasi YAKKUM Yogyakarta,” ungkap Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Sabtu, 24 Oktober 2020.

 

Dijelaskan, program kerjasama antara Fakultas Psikologi UMBY dan Pusat Rehabilitasi YAKUM ini didasari atas kepedulian Fakultas Psikologi UMBY dan Yayasan YAKKUM dalam berperan serta mendampingi dan mengatasi permasalahan terkait dengan peningkatan kasus disabilitas psikososial yang dialami warga masyarakat di wilayah Yogyakarta, termasuk di Kabupaten Kulon Progo.

 

“Beberapa contoh kasus disabilitas psikososial berupa gangguan psikologis seperti skizofrenia, depresi, dan psikotik. Berdasarkan data Pusat Rehabilitasi YAKKUM, jumlah orang dengan disabilitas psikososial di Kulon Progo juga tidak sedikit. Dari 5 desa dampingan YAKKUM di wilayah Kulon Progo, tercatat lebih dari 75 orang diidentifikasi mengalami disabilitas psikososial golongan berat, sedang, dan ringan,” paparnya.

 

Fakultas Psikologi UMBY bekerjasama dengan YAKKUM memberikan layanan konseling psikologi komunitas. Bentuknya berupa kunjungan rumah (home visit) dan terapi  aktivitas kelompok untuk orang dengan disabilitas psikososial di 5 desa dampingan di Temon Kulon Progo. Proses pendampingan dilakukan dengan bekerjasama dan berkoordinasi dengan perangkat desa dan Pusat Rehabilitasi YAKKUM. (*)

 

Psikologi UMBY dan YAKKUM Jalin Kerjasama  
Ditag di:            

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: