Student Induction Program 2020
Student Induction Program 2020 pun terpaksa daring

Siarpedia.com, Bantul – Sesuai visinya untuk menjadi universitas yang mampu bersaing di kancah internasional, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi kampus yang ramah bagi para mahasiswa asing. Hal ini dibuktikan dengan mahasiswa asing yang datang dan menuntut ilmunya di kampus dengan slogan Muda Mendunia ini. Pada tahun 2020, terdapat 104 mahasiswa asing yang berasal dari berbagai penjuru dunia studi di kampus ini.

 

“Sebagai bentuk kepedulian universitas terhadap kelancaran aktivitas akademik para mahasiswa asing, UMY melalui Lembaga Kerja Sama – Kantor Urusan Internasional (LKS-KUI) menggelar Student Induction Program 2020 pada Jum’at dan Sabtu (09/10 dan 10/10). Kegiatan berlangsung secara virtual melalui platform zoom meeting,” ungkap Rektor UMY Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM.

 

Meski masih dalam masa pandemi Covid-19 ini, Gunawan mengungkapkan rasa bahagianya karena dapat bertatap maya dengan para mahasiswa asing. “Semoga melalui program induction ini, setidaknya kalian dapat mengenal lebih dalam mengenai UMY. Tidak hanya tentang fasilitas dan sistem belajar mengajar, namun juga tentang visi dan misi UMY sendiri,” katanya.

 

Dikatakan, kegiatan yang juga ajang silaturahim mahasiswa asing dan universitas ini memiliki beberapa rangkaian, yakni Pengenalan Universitas dan Muhammadiyah, penjelasan Proses Imigrasi dan Izin Belajar, Pelatihan MyKlass, Virtual Campus Tour, UNIRES, Perpustakaan, Fakultas, Informasi Akademik dan Administrasi, dan Sharing Session bersama mahasiswa asing yang diwakili Hussain (Sudan), Tearine (Kiribati) serta Naseer ( Libya).

 

“Belajar di negara lain tidak hanya untuk mencari ilmu akademik, namun juga untuk mencari pelajaran hidup. Semoga kalian dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,”

 

Sedangkan Prof Dr Achmad Nurmandi MSc, Wakil Rektor Kerjasama dan Urusan Internasional UMY mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa asing dan mengucapkan selamat karena telah berhasil masuk ke universitas terbaik Muhammadiyah. “Belajar di negara lain tidak hanya untuk mencari ilmu akademik, namun juga untuk mencari pelajaran hidup. Semoga kalian dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,” ucapnya. (*)

 

104 Mahasiswa Asing UMY Ikuti Student Induction  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *