Cakwe enak
Cakwe enak

Siarpedia.com, Yogyakarta – Cakwe adalah salah satu penganan tradisional Tionghoa. Meski begitu, kini camilan lezat ini telah memasyarakat, sehingga banyak dijumpai penjual cakwe dari masyarakat lokal. Sejatinya cakwe adalah dialek Hokkian yang berarti hantu yang digoreng. Nama ini berhubungan erat dengan asal usul penganan yang kecil, namun dinilai masyarakat sarat akan budaya dan arti sejarah tersendiri.

 

Penganan asal Tiongkok yang berbentuk memanjang berwarna sedikit putih kecoklatan ini digemari beragam usia, dari anak-anak maupun orang dewasa. Gurih dan terasa krispi serta lembut saat dikunyah. Rasanya gurih, makin nikmat dicocol dengan sausnya atau sambal pedas bagi penyuka pedas. Biasanya penjual cakwe ini menjajakan dagangannya dengan gerobak dari sejak pagi, seperti di Jalan Godean Km 5.

 

“Rasanya enak mas,”

 

Maklum saja, camilan ini memang sangat cocok untuk sarapan pagi bersama teh atau kopi. Bahkan, tidak jarang sebelum jam 9 pagi dagangan cakwe sudah ludes terjual. Jadi bagi penyuka camilan berbahan tepung untuk bisa menikmati cakwe ini harus berburu sejak pagi, sehingga tidak kehabisan. Terutama karyawan perkantoran, biasanya berburu cakwe sebagai menu paginya, sebagai penganjal perut lapar di pagi hari. “Rasanya enak mas,” ucap Adi, pelangan cakwe.

 

Disantap hangat-hangat, cakwe terasa gurih dan renyah, pas dipadu dengan sausnya yang kental kecokelatan dan sedikit pedas.  Cara membuat cakwe sederhana juga sebenarnya mudah saja diterapkan. Jajanan kaki lima yang renyah dan empuk saat digigit ini digemari banyak orang karena rasanya yang enak. Apalagi cara makannya yang juga sederhana, membuatnya cocok dijadikan santapan saat bersantai.

 

Cakwe dapat dijadikan camilan untuk bersantai di rumah bersama keluarga. Rasanya yang nikmat, cocok di mulut anak-anak hingga orang tua sekalipun. Kamu juga bisa memilih variasi rasanya dari yang asin hingga yang rasanya manis. Kalau yang manis lebih populer disebut roti goreng atau bolang-baling. Cara membuat cakwe bisa diterapkan di rumah sebagai camilan bersantai. Pengin praktis beli aja di penjual kaki lima. (*)

 

Berburu Gurih Manis Cakwe  
Tag pada:    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *