Manajemen Sitasi dalam Publikasi Ilmiah  

HumanioraEDU NewsLINE
Screanshot webinar
Screanshot webinar

Siarpedia.com, Yogyakarta – Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) Universitas Mercu Buna Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Webinar dengan tema ‘Manajemen Sitasi Dalam Publikasi Ilmiah’. Digelar secara online melalui platform Zoom, Webinar ini menghadirkan Triantoro Safaria PhD Psikolog, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

 

“Moderator dalam webinar ini yaitu Sowanya Ardi Prahara SPsi MA, Dosen Fakultas Psikologi UMBY dengan pembawa acara Kholis Trisnawati, mahasiswa Psikologi UMBY semester V. Webinar ini diikuti oleh 100 peserta baik dari kalangan dosen maupun peneliti. Acara ini dibuka oleh Dr Ir Bayu Kanetro MP, Wakil Rektor Bidang Akademik UMBY,”

 

“Moderator dalam webinar ini yaitu Sowanya Ardi Prahara SPsi MA, Dosen Fakultas Psikologi UMBY dengan pembawa acara Kholis Trisnawati, mahasiswa Psikologi UMBY semester V. Webinar ini diikuti oleh 100 peserta baik dari kalangan dosen maupun peneliti. Acara ini dibuka oleh Dr Ir Bayu Kanetro MP, Wakil Rektor Bidang Akademik UMBY,” ungkap Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Jumat, 25 September 2020.

 

Dalam sambutan mewakili Rektor UMBY Dr Ailmatus Sahrah Msi MM, Bayu Kanetro menuturkan sitasi itu merupakan salah satu poin penlilaian untuk akreditasi, baik akreditasi Perguruan Tinggi maupun akreditasi program studi. “Dengan adanya webinar ini kita menjadi semakin peduli untuk bisa mengerti sebenarnya sitasi itu apa, sitasi itu sebenarnya adalah bagaimana kita mengapresiasi karya intelektual atau karya kreatifitas orang lain,” ujarnya.

 

Sedangkan, Awan Santosa SE MSc, Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) UMBY menyampaikan, bahwa ini adalah Webinar khusus untuk membahas bagaimana Manajemen Sitasiitu, untuk supaya karya-karya dapat menjadi referensi atau rujukan yang akan bisa memperkaya khasanah ditingkat riset maupun juga ditingkat pengabdian

 

Triantoro Safaria menuturkan, sitasi adalah cara yang digunakan untuk menghargai peneliti dan penulis lain ketika seseorang menggunakan karya mereka dalam karya tulisnya. “Macam sumber sitasi mencakup buku, jurnal, koran, situs web, dan sajak. Tujuan sitasi untuk menjunjung tinggi kejujuran intelektual (menghindari plagiarism),” ungkap Triantoro Safaria, yang juga Editor in Chief Journal of Educational, Helath and Community Psychology. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *