Screanshot webinar
Screanshot webinar

Siarpedia.com, Bantul – Pusat Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama (P3MK) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) menyelenggarakan Webinar bertajuk ‘Metodologi Penelitian Payung’ secara online melalui platform Zoom. Webinar ini menghadirkan pembicara yaitu Elli Nur Hayati MPH PhD Psikolog, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

 

“Moderator dalam webinar ini yaitu Sowanya Ardi Prahara Spsi MA,  dosen Fakultas Psikologi UMBY dan Master of Ceremony (MC) dalam acara ini Kholis Trisnawati yang merupakan mahasiswa psikologi UMBY semester V. Webinar ini diikuti oleh 240 peserta baik dari kalangan dosen maupun peneliti,”

 

“Moderator dalam webinar ini yaitu Sowanya Ardi Prahara Spsi MA,  dosen Fakultas Psikologi UMBY dan Master of Ceremony (MC) dalam acara ini Kholis Trisnawati yang merupakan mahasiswa psikologi UMBY semester V. Webinar ini diikuti oleh 240 peserta baik dari kalangan dosen maupun peneliti,” ungkap Kepala Humas UMBY Widarta SE MM, Kamis, 10 September 2020.

 

Dijelaskan, acara ini dibuka oleh Rektor UMBY Dr Alimatus Sahrah Msi MM.  Dalam sambutannya Alimatus Sahrah menuturkan bahwa Dosen dapat melakukan penelitian sesuai dengan bidang ilmunya mungkin Ekonomi, TI, psikologi dan lain sebagainya, tetapi tidak menutup kemungkinan melakukan penelitian-penelitian yang multidisipliner. “Dalam kerja sama ini menjadi kami dorong agar kolaborasi ini memperkuat riset-riset kami,” ujarnya.

 

Elli Nur Hayati menjelaskan tentang metodologi penelitian payung, dimana penelitian payung memiliki 3 model yaitu model pohon, model mix and match dan model repetitive. Kemudian manajemen penelitian payung yaitu inisiasi, planning, executing, monitoring dan controlling, evaluating, finishing and closing. Manfaat penelitian payung bagi dosen senior atau peneliti senior cukup banyak.

 

“Seperti memberikan kesempatan belajar tentang managemen penelitian bagi juniors (mentoring), memungkinkan luaran penelitian lebih banyak dalam waktu singkat, memperbanyak partisipan penelitian dosen di lingkungan universitas. Kemudian manfaat bagi dosen junior atau peneliti junior yaitu memperoleh kesempatan belajar tentang management penelitian dan mempercepat kelulusan mahasiswa tingkat akhir,” paparnya. (*)

 

UMBY Gelar Webinar Metodologi Penelitian
Tag pada:        

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *